Pertani HKTI Babel Salurkan 100 Paket Sembako untuk Penyandang Disabilitas

Pertani HKTI Babel Salurkan 100 Paket Sembako untuk Penyandang Disabilitas

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Perempuan Tani (Pertani) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan paket sembako kepada 100 penyandang disabilitas di Kantor Kecamatan Bukit Intan, Senin (18/7/2022).

Bantuan paket sembako berupa beras, gula, susu, mie instan, ikan kaleng, telor dan bumbu siap saji ini secara simbolis diserahkan secara langsung oleh Ketua DPD Pertani HKTI Babel, Venny Andriani.

Turut mendampingi Sekjen HKTI Babel Jauhari, Camat Bukit Intan Yansyah Tri Darmawan Putra dan Kabid Kelembagaan Kerjasama Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat (K2PDM) Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Bangka Belitung Nurul Huda.

Ketua DPD Pertani HKTI Babel, Venny Andriani mengatakan, penyaluran paket sembako ini merupakan bagian dari program gerakan nasional HKTI yang dikenal dengan "Segelas Beras Untuk Disabilitas". 

Katanya, program ini diinisiasi langsung oleh Ketua Umum HKTI, Jenderal TNI (Purn) Dr H Moeldoko yang dilaksanakan oleh Pertani HKTI.

"Gerakan nasional ini sudah dilaksanakan oleh Perempuan Tani di berbagai daerah . Dan DPD Pertani HKTI Babel mendapat giliran di bulan Juli 2022," ujar Venny.

Menurut Venny, gerakan nasional ini adalah bukti kepedulian Perempuan Tani kepada para disabilitas yang ada disetiap daerah. Dimana dalam kegiatan ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinsos PMD Babel untuk meminta data para disabilitas yang telah terdata.

"Alhamdulillah dengan kerjasama yg baik dari para pengurus DPD Pertani HKTI Babel, maka dengan ini kami tuangkan rasa cinta dan kepedulian kami kepada saudara kami untuk sudi menerima bingkisan yang kami berikan, mungkin untuk saat ini hanya dalam bentuk bingkisan yang kami berikan, mudah-mudahan kedepannya kami bisa berbagi yang lebih dan bermanfaat, hingga bisa berbuat lebih banyak lagi untuk saling berbagi dan membantu," tutur Venny sembari mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu terlaksananya kegiatan ini.

Sekjen HKTI Babel, Jauhari menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan di seluruh provinsidi Indonesia dan bulan ini merupakan giliran Bangka Belitung.

"Bulan lalu gerakan nasional ini dilaksanakan di Riau dan alhamdulillah bulan ini gilirannya Babel. Kita berharap bantuan ini bisa membantu saudara-saudara kita yang disabilitas," kata Jauhari.

Seperti dikeketahui, lanjut Jauhari, penyandang disabilitas juga dilindungi undang-undang. Ini dibuktikan dengan adanya Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

"Jadi ini luar biasa, karena pemerintah memberikan perhatian khusus kepada penyandang disabilitas. Dan HKTI melalui program ini akan terus peduli terhadap penyandanf disabilitas, semoga program ini terus berlanjut," katanya.

Sementara itu, Kabid K2PDM Dinsos PMD Provinsi Bangka Belitung Nurul Huda mengucapkan terimakasih sekaligus memberikan apresiasi kepada  Pertani HKTI Babel yang telah peduli terhadap penyandang disabilitas dengan memberikan bantuan paket sembako melalui gerakan nasional "Segelas Beras Untuk Disabilitas".

"Harapan kita semoga program ini terus berlanjut bukan hanya sekedar pemberian bantuan sembako tapi ada pembinaan berlanjut terhadap penyandang disabilitas, karena kami sebagai pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dan butuh kerjasama dengan stakeholder lainnya dalam pembinaan disabilitas," kata Nurul.(pas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: