Masuk Nominasi Indonesia Visionary Leader (IVL) Ke-11, UMKM Basel Go Nasional

Masuk Nominasi Indonesia Visionary Leader (IVL) Ke-11, UMKM Basel Go Nasional

*Beri Layanan Gratis Ongkir se-Indonesia --

MASYARAKAT Kabupaten Bangka Selatan (Basel) patut berbangga, karena produk lokal hasil karya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Basel semakin go-nasional. Hal ini tak terlepas dari terobosan Bupati Riza Herdavid menghadirkan layanan gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia.

Melalui layanan free ongkir se-Indonesia lewat aplikasi 'Gerubak Pradik' (Gerakan untuk Beli Pakai Produk Direk Sendirek), yang juga berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia ini, menargetkan peningkatan penjualan dan memperluas akses pasar para pelaku UMKM Basel di pasar nasional.

Tak hanya itu, Komitmen Bupati Riza untuk terus mengembangkan UMKM lokal dinilai sangat kuat. Hal ini ditunjukkan dengan kebijakan Riza yang meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar memprioritas penggunaan produk-produk UMKM lokal. Seperti dalam rapat atau acara yang digelar oleh Pemda Basel, maka diwajibkan melibatkan hasil produk pedagang lokal.

Upaya Riza untuk terus meningkatkan pendapatan masyarakatnya semakin paripurna, tatkala dilengkapi dengan aplikasi jasa transportasi berbasis online yang dinamai 'BaeLah'. Inovasi dibidang teknologi rintisan karya bangka selatan.

“Di awal-awal penghasilannya Rp1,5 juta perbulan. Sekarang Rp3juta perbulan, itu pendapatan driver-nya,” ungkap Riza, yang merupakan politisi PDI Perjuangan tersebut.

Orang nomor satu di Basel itu juga menambahkan, pihaknya akan terus berusaha dan bekerja keras semaksimal mungkin untuk terus mencari peluang dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Transformasi Ekonomi Berbasis Potensi Lokal dan Pemberdayaan UMKM-Komunitas Ekonomi Kreatif.

Riza menambahkan, upaya tersebut juga merupakan langkah konkrit dalam menanggapi dampak Pandemi Covid-19. 

“Dari hasil tadi apa yang Pemerintah Daerah kerjakan bisa membuat masyarakat Kabupaten Bangka Selatan bisa lebih sejahtera lagi kedepannya,” tegas pria yang berharap masyarakatnya kian sejahtera dimasa mendatang.

Tak disangka, berbagai inovasi dan terobosan Bupati Riza tersebut, terutama soal layanan free ongkir se-Indonesia menjadi sorotan nasional, yakni masuk nominasi Indonesia Visionary Leader (IVL) ke-11, yang diselenggarakan oleh MNC Portal Indonesia.

Ajang IVL ke-11 tersebut merupakan pembuktian ide dan kreatifitas para kepala daerah yang dinilai inovatif dalam memajukan wilayahnya. Bersama Bupati Riza Herdavid, terdapat juga Bupati Keerom (Papua) Piter Gusbager, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dan Wali Kota Makassar M. Ramdhan Pomanto, yang masuk dalam nominasi IVL ke-11.

Inovasi-Inovasi tersebut dinilai sejumlah Dewan Juri kredibel yakni Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Prof. Robert A Simanjuntak; Direktur Jendral Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Akmal Malik; Ketua Pembina Indonesia Institute For Corporate Directorship (IICD), Andi Ilham Said, Ph.D; Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute dan Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta, Dr. Gun Gun Heryanto.(RED)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: