Kanker Serviks Jadi Ancaman Bagi Wanita, PKK Kecamatan Sungailiat Bersama PT Timah Tbk Edukasi Masyarakat

Kanker Serviks Jadi Ancaman Bagi Wanita, PKK Kecamatan Sungailiat Bersama PT Timah Tbk Edukasi Masyarakat

BANGKA - Kanker serviks atau kanker leher rahim menjadi salah satu ancaman yang cukup membahayakan bagi wanita. Upaya pencegahan dan deteksi dini harus dilakukan agar tidak semakin banyak wanita Indonesia yang terpapar kanker serviks.

 

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kanker serviks, PKK Kecamatan Sungailiat memiliki Program Rumah Pusat Informasi Serviks (Rumpis) yang terletak di Kantor Camat Sungailiat.

 

Salah satu upaya untuk mendeteksi dini pencegahan kanker serviks yakni dengan melakukan tes IVA. Namun, sayangnya banyak wanita yang masih enggan melakukan tes ini.

 

Menyadari hal ini, membuat ketua PKK Kecamatan Sungailiat, Sri Widayanti menggagas program ini untuk memberikan edukasi kepada perempuan untuk melaksanakan tes IVA.

 

Berbagai strategi dilakukan salah satunya dengan adanya program Rumpis ini. Untuk memudahkan edukasi mereka membentuk kader untuk menyosialisasikan pentingnya tes IVA hingga ke tingkat lingkungan di wilayah mereka.

 

\"Rumpis ini tidak hanya ditingkat kecamatan tapi juga sampai ke lingkungan, di setiap lingkungan itu nantinya ada kader untuk menyosialisasikan tentang IVA ini ke ibu-ibu di lingkungan mereka. Sehingga semakin banyak yang mau tes IVA, karena kan selama ini banyak yang tidak mau karena masih awam,\" katanya, Rabu (16/3/2022).

 

Untuk itu, pihaknya bersama PT Timah Tbk akan menggelar pelatihan bagi kader-kader Rumpis dan anggota PKK se Kecamatan Sungailiat yang nantinya akan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya tes IVA.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: