Jelang Lebaran, Dinkes dan Timgab Akan Sidak Makanan Kedaluwarsa

Jelang Lebaran, Dinkes dan Timgab Akan Sidak Makanan Kedaluwarsa

KOBA - Menjelang hari raya Idul fitri tahun 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) beserta Tim Gabungan akan menggelar pemeriksaan dan pengawasan makanan ke sejumlah pasar dan toko yang berada di Bangka Tengah.

Hal itu dilakukan untuk memastikan kelayakan bahan pangan, kue-kue khas lebaran maupun makanan yang biasa digunakan sebagai menu berbuka puasa.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, M. Anas Ma\\\'ruf mengatakan, pemeriksaan ini perlu dilakukan tiap tahunnya setiap menjelang perayaan idul fitri, karena dapat dipastikan konsumen akan berburu bahan pangan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan jelang berbuka puasa maupun pada saatnya hari raya nanti.

\"Daya beli masyarakat pasti meningkat, dikhawatirkan para produsen memanfaatkan momen tersebut untuk memasarkan produk-produk yang hampir habis masa konsumsinya, bahkan sudah kedaluwarsa atau expired,\" ujarnya kepada Babel Pos, Rabu (6/4/2022).

\"Insyaallah nanti akan ada pemantauan dari Tim Gabungan, mulai dari pemantauan harga hingga waktu expired yang ada pada makanan ataupun minuman,\" sambungnya.

Ia mengimbau kepada para pedagang ini untuk lebih jeli saat mengambil barang dari produsen, sekaligus jangan sampai menjual barang yang sudah kedaluwarsa di pasaran.

\"Paling tidak pedagang ini ketika mengambil barang dari produsen mohon diperhatikan tanggal kedaluwarsanya dan jangan jual barang yang sudah expired, kasihan para pembeli,\" imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: