Hari Hewan Sedunia: PT Timah Bersama PPS Alobi Rehabilitasi Satwa di Lahan Bekas Tambang

Jumat 04-10-2024,18:55 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Satwa beperan penting untuk menjaga ekosistem global dan lingkungan.

 

Sebagai perusahaan yang beroperasi di sektor pertambangan, PT Timah menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara kegiatan operasional dengan upaya pelestarian lingkungan.

BACA JUGA:Siap Jaga Netralitas ASN, Kalapas Narkotika Pangkalpinang Ikuti Sosialisasi Netralitas ASN di Pilkada 2024

Sejalan dengan prinsip penambangan berkelanjutan, PT Timah terus melakukan berbagai inisiatif untuk melindungi dan melestarikan satwa di wilayah operasionalnya.

 

Salah satu bentuk nyata komitmen PT Timah dalam melestarikan satwa yakni dengan berkolaborasi dengan Alobi Foundation mendirikan Pusat Penyelematan Satwa (PPS) di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang.

BACA JUGA:Peduli Stunting, Dapur Sehat Kodim Kunjungi SDN 15 Toboali

Lahan bekas tambang seluas 4 hektar disulap menjadi kawasan Pusat Penyelematan Satwa, terdapat puluhan kandang satwa dengan suasana yang dibuat bak habitat asli mereka.

 

Pepohonan rimbun, tanaman buah yang bisa menjadi pakan alami para satwa yang direhabilitasi menjadi ciri khas.

 

Kampoeng Reklamasi Air Jangkang merupakan kawasan laha bekas tambang yang dikelola PT Timah menjadi kawasan yang mengusung konsep edu eco tourism yang terintegrasi dengan sektor pertanian, peternakan, perkebunan.

BACA JUGA:Peduli Stunting, Dapur Sehat Kodim Kunjungi SDN 15 Toboali

Sejak tahun 2018, PT Timah bersama Alobi Foundation telah merehabilitasi ratusan satwa yang dilindungi berasal dari penegakan hukum, serahan masyarakat maupun hasil rescue.

Kategori :