Libatkan Generasi Muda Dusun Kelapo, Kelompok Mahasiswa Ini Beri Edukasi Pelestarian Satwa Pulau Bangka

Senin 09-09-2024,08:03 WIB
Reporter : Yudi
Editor : Jal

BABELPOS.ID, BELINYU - Kepedulian terhadap lingkungan menjadi isu yang semakin mendesak di tengah berbagai ancaman terhadap keanekaragaman hayati. Pulau Bangka, yang terkenal dengan kekayaan alamnya, juga menghadapi tantangan besar dalam upaya melestarikan flora dan fauna lokal, terutama satwa flagship dan endemik yang hanya terdapat di wilayah tersebut. 

Menyadari urgensi tersebut, Tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) meluncurkan program edukasi pelestarian satwa kepada generasi muda Dusun Kelapo, Desa Riding Panjang, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Dosen inisiator program, Randi Syafutra dan Hendi Hendra Bayu dari Program Studi Konservasi Sumber Daya Alam (Prodi KSDA) mengatakan program pengabdian ini terintegasi dengan Kuliah Kerja Nyata Kedisinian (KKN Kedisinian) Unmuh Babel 2024. 

"Kami menyadari bahwa edukasi adalah kunci utama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, akan pentingnya menjaga keberadaan satwa flagship dan endemik Pulau Bangka," ujar Randi pada Minggu, (8/9/2024).

BACA JUGA:Lewat Digital Marketing, KKN Kedisinian Remodong Indah Unmuh Babel Bantu UMKM Perkenalkan Sirup Rosella

BACA JUGA:Mahasiswa The 2nd Unmuh Babel ISC 2024 Datangi PPS Alobi Kampoeng Reklamasi Air Jangkang

Dikatakan Randi, fokus utama edukasi kali ini, yakni Satwa Flagship dan Endemik Pulau Bangka.

"Satwa flagship merujuk pada spesies yang dijadikan simbol dalam kampanye konservasi, karena keunikan dan daya tariknya, baik dari segi ukuran, bentuk, maupun nilai ekologisnya. Spesies ini berperan besar dalam meningkatkan kesadaran publik terhadap isu konservasi," terangnya.

Dijelaskannya, di Pulau Bangka, beberapa satwa flagship yang menjadi fokus edukasi di antaranya adalah Mentilin (Cephalopachus bancanus bancanus), primata kecil yang terancam oleh hilangnya habitat akibat deforestasi dan aktivitas tambang timah.

Ia juga menjelaskan tentang satwa endemik, yakni spesies yang hanya ditemukan di wilayah tertentu (dalam hal ini di Pulau Bangka), yang menjadi perhatian khusus dalam program pengabdian ini. 

"Kerusakan lingkungan dan perubahan penggunaan lahan yang masif telah mempersempit habitat satwa-satwa ini, sehingga mereka menghadapi risiko kepunahan yang tinggi jika tidak ada upaya konservasi yang serius," ungkapnya.

BACA JUGA:46 Mahasiswa Unmuh Babel KKN di Belinyu, Ini Pesan PJ Bupati Haris

BACA JUGA:IMM Unmuh Babel Desak Polda Transparan Dugaan Kasus LGBT dan Pemerkosaan Tahanan

Ia menerangkan, dalam program pengabdian ini, sebanyak 25 peserta yang berusia 18 hingga 29 tahun mengikuti serangkaian kegiatan edukasi yang terbagi dalam tiga tahapan: pretest, sesi edukasi, dan posttest. 

"Ada pretest, yang dilakukan untuk mengukur pengetahuan awal mereka, kemudian sesi edukasi interaktif dan

Kategori :