Menkumham Resmikan POLTEKPIN, Efisiensi Tata Kelola Pendidikan Kemenkumham

Kamis 08-08-2024,20:13 WIB
Reporter : Humas Kanwil KemenkumHAM Babel
Editor : Tuspen Martutansri

TANGERANG - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly meresmikan Politeknik Pengayoman Indonesia (POLTEKPIN). Poltekpin merupakan gabungan dari dua sekolah kedinasan yang ada di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), yaitu Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP). Penggabungan dua politeknik tersebut merupakan bentuk efisiensi dalam manajemen dan operasional bidang pendidikan di lingkungan Kemenkumham.

Menkumham mengatakan, Poltekpin merupakan solusi inovatif dalam menciptakan sistem hukum dan HAM yang lebih baik, lebih humanis, dan lebih berdaya guna. 

"Restrukturisasi kelembagaan dengan menggabungkan Poltekip dan Poltekim menjadi Poltekpin adalah langkah strategis untuk menjadikan pendidikan vokasi di bidang Pemasyarakatan dan Imigrasi lebih terarah dan terintegrasi," ujar Menkumham, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Peresmian Poltekpin di Auditorium Prof. Dr. Muladi, Tangerang, Kamis (08/08/2024).

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, lanjut Menkumham, Poltekpin memiliki tanggung jawab untuk melahirkan tunas muda Pengayoman sebagai sumber daya manusia yang berkualitas, unggul, dan profesional.

Taruna/taruni dididik dengan ketajaman akademis, berpikir kritis, memiliki integritas dan kepedulian terhadap HAM, membuat Poltekpin hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang hukum dan HAM.

"Saya percaya melalui pendidikan yang berkualitas, akan mampu membentuk karakter dan moralitas, sehingga dapat menciptakan perubahan yang positif dalam kehidupan bermasyarakat, dan membangun budaya hukum yang kuat," tutur Menkumham.

Selain jurusan Pemasyarakatan dan Imigrasi, Politekpin direncanakan akan diperkaya dengan jurusan dan prodi baru seperti Kekayaan Intelektual, Pembentukan Regulasi, Administrasi Hukum Umum dan Hak Asasi Manusia.

Penambahan program baru tersebut diharapkan mampu menjadi sumber rekrutmen serta peningkatan kompetensi dan mengembangkan talenta-talenta terbaik di lingkungan Kemenkumham.

"Mari kita wujudkan Poltekpin sebagai lembaga pendidikan yang terdepan, yang tidak hanya menghasilkan lulusan yang berkualitas, tetapi juga menjadi teladan dalam menerapkan nilai nilai keadilan, kemanusiaan, dan menjadi pengayom," tutup Menkumham.

Acara Peresmian Poltekpin tersebut juga sekaligus meresmikan gedung Rektorat A bernama Prof. Yasonna Laoly, S.H., M.Sc sebagai salah satu legacy dalam masa kepemimpinan Menkumham selama dua periode, Ground Breaking Gedung Rektorat B Poltekpin, peragaan Pakaian Dinas Taruna Poltekpin, serta penyerahan Surat Pencatatan Ciptaan Mars, Hymne, dan Logo Poltekpin. Poltekpin adalah bukti nyata dari komitmen Kemenkumham untuk menciptakan masa depan di bidang Hukum dan HAM yang cerah melalui pendidikan yang bermutu.

Terdapat beberapa alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan (yang berubah menjadi POLTEKIP, kini POLTEKPIN) yang bertugas di Kemenkumham Babel, diantaranya Harun Sulianto (Kepala Kantor Wilayah), Kunrat Kasmiri (Kepala Divisi Pemasyarakatan), Eko Saputro (Kepala Bidang Hukum), Andi Yudho Sutijono (Plt. Kepala Lapas Kelas IIB Sungailiat), Ridha Ansari (Plt. Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang), Nur Bambang Supri Handono (Kepala Lapas Kelas IIA Narkotika Pangkalpinang), Badarudin (Kepala Lapas Kelas IIA Pangkalpinang), Gowim Mahali (Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan), Andriyas Dwi Pujoyanto (Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Pangkalpinang), Hani Anggraeni (Kepala Lapas Perempuan Kelas III Pangkalpinang), serta Andri Ferly (Kepala Subbidang Pengelolaan Basan dan Keamanan).

Hadir secara virtual pada acara Peresmian Politeknik Pengayoman Indonesia (POLTEKPIN), Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, Kepala Divisi Administrasi, Dwi Harnanto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fajar Sulaeman Taman, Kasubbag Pengelolaan Keuangan dan BMN, Edi Kurniawan, Kasubbid Pelayanan AHU, M Bangbang, Kasubbid Kekayaan Intelektual, Marsal Saputra, para JFT dan JFU, serta Mahasiswa Magang dari Universitas Bangka Belitung.

Kategori :