Jalan Produksi Sawah Rias Rusak Parah, Belasan Tahun Tak Diperhatikan

Selasa 06-08-2024,19:59 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal

BABELPOS.ID, TOBOALI - Jalan produksi sawah Desa Rias mengalami rusak parah hingga terbentuk kubangan di tengah jalan. Hal ini menghambat para petani untuk mengangkut panen dan susah dilewati.

Di lokasi jalan dengan panjang kurang lebih 400 meter tersebut, para petani terlihat kesulitan melewatinya. Padahal jalan tersebut merupakan akses yang menghubungkan 2 kelompok tani di Rias.

Tak hanya jalan yang rusak, fasilitas penunjang juga minim. Jembatan yang ada terbuat dari kayu hasil gotong royong antar petani dan sudah tidak layak lagi karena banyak papan yang rapuh.

Salah satu Petani Rias SN menyebutkan bahwa, sejak pertama kali pindah ke Rias jalan produksi tersebut tak pernah mendapatkan bantuan perbaikan dari pemerintah.

"Saya sudah 12 tahun di sini, tetapi jalan tersebut tak pernah ada perbaikan dari pemerintah, padahal jalan produksi tersebut digunakan oleh 2 kelompok tani yang diketuai oleh Topo dan Warno," sebutnya, Selasa (06/08).

BACA JUGA:Desa Rias Sudah Memiliki RMU Canggih, Ini Harapan Bupati Riza

BACA JUGA:Pemkab Basel Gelontorkan Dana Miliaran Untuk Pertanian di Rias, Ini Peruntukkannya

Disebutkannya, anggota kelompok tani sudah berulang kali menyampaikan kepada ketua kelompok meminta perbaikan jalan tersebut untuk mempermudah akses mesin Combine ketika panen. Namun sampai sekarang tidak ada tindakannya.

Ia juga merasa aneh, kelompok tani lainnya memikiki akses jalan yang bagus tetapi mereka tidak diperhatikan. Ia menduga mungkin hanya orang dekat saja yang mendapatkan akses jalan bagus.

"Saya merasa aneh saja, milik kelompok lain aksesnya jalan produksinya diperbaiki, tetapi ini jalan kami yang terdapat 2 kelompok tani malah gak ada perhatiannya, parahnya sudah belasan tahun," sebutnya.

BACA JUGA:Kades Rias Sebut Masalah Administrasi Kependudukan Jadi Prioritas

BACA JUGA:Aik Bakung ke Rias, Bupati Riza Puji Kesenian Masyarakat

Petani lainnya, Pur juga mengeluhkan kondisi jalan ini. Ia harus menunggu mesin Combine memanen sawahnya di ujung jalan produksi yang rusak, baru sawah punya dia bisa dipanen.

Pasalnya, sawah milik Pur tepat berada di samping jalan rusak, apalagi akses jembatan terbuat dari kayu yang sudah tidak layak untuk dilalui. Akibatnya, saat masa panen harus mengeluarkan biaya angkut karung padi sebesar Rp10 ribu per karung.


Jembatan seadanya di sawah Rias. --Foto: Ilham

Kategori :