Lapas Pangkalpinang Fasilitasi Monev Pelaksanaan KKN Taruna Utama Poltekip Kemenkumham RI

Kamis 18-07-2024,09:31 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Lapas Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel memfasilitasi kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Taruna Utama Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Kemenkumham RI. 

BACA JUGA:Operasi Patuh Menumbing 2024, Satlantas Polresta Pangkalpinang Incar Knalpot Brong dan Balap Liar

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa program KKN berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan manfaat maksimal bagi taruna dan institusi pemasyarakatan. 

Lektor Poltekip Mitro Subroto, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa program pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada Taruna Poltekip di Lapas berjalan dengan baik, efektif, dan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Hasil dari Monev ini akan digunakan untuk meningkatkan kualitas program KKN dimasa mendatang. 

BACA JUGA:Pemkab Bateng Berikan Piala dan Sertifikat Kepada ASN yang Ikuti MTQ Korpri

“Pengabdian kepada Masyarakat dan berinovasi dalam pelayanan publik merupakan kerja nyata yang dapat dimanfaatkan oleh Taruna Utama Poltekip dengan bimbingan dari Kalapas Pangkalpinang beserta jajaran,” ujar Mitro, Kamis (18/7/2024). 

Dia juga berharap melalui kegiatan ini, Taruna dapat memperoleh pengalaman berharga dan siap menghadapi tantangan di dunia Pemasyarakatan dan Lapas memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan kemampuan profesional Taruna Poltekip.

BACA JUGA:Peringati HBA ke-64 dan HUT IAD ke-24, Kajari Bateng Gelar Lomba Cerdas Cermat

“Kita harus berfikir bagaimana melayani Masyarakat, jangan kita yang minta untuk dilayani,” pesan Mitro.

Senada, Kalapas Pangkalpinang, Badarudin mengatakan, KKN ini hasilnya nyata dan taruna sudah mulai belajar mengabdi kepada masyarakat. Menurut Badarudin, hadirnya Taruna bisa membantu dan mempermudah Lapas Pangkalpinang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Harus Inovatif, Kamarudin Ajak Kelompok Petani Gali Teknologi Tepat Guna Perkebunan

“Taruna bisa meninggalkan legasi bagi petugas kami, membantu kami dalam mempercepat Reformasi Birokrasi untuk meraih WBK sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” kata Badarudin.

Dikatakan Badarudin, taruna menunjukkan dedikasi dan inovasi mereka dengan mengimplementasikan solusi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Lapas Pangkalpinang. Program ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan dilapangan.

BACA JUGA:6 Tanda Kamu Harus Ganti Kacamata

"Implementasi PTSP di Lapas kami tidak hanya memperkuat kualitas pelayanan, tetapi juga meningkatkan kemampuan adaptasi dan responsivitas Taruna terhadap kebutuhan masyarakat," sebut Badarudin.

Kategori :