BABELPOS.ID, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menampilkan sejumlah inovasi di bidang Artificial Intelligence (AI) yang telah dikembangkan dan diimplementasikan dalam berbagai lini bisnis dan produknya. Pemanfaatan AI di BRI utamanya dilakukan untuk meningkatkan operasional sehingga dapat memberikan produk dan layanan nasabah yang lebih personal dan inklusif kepada nasabah.
Inovasi tersebut didemonstrasikan dalam momen Kick Off BUMN AI Center of Excellence yang diselenggarakan oleh Project Management Office AI Center of Excellence Kementerian BUMN pada Kamis (6/6). Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, Deputi Bidang Manajemen SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata serta Direktur Digital dan IT BRI Arga M. Nugraha selaku Ketua PMO AI Center of Excellence BUMN. Acara ini juga dihadiri oleh lebih dari 150 peserta dari 15 BUMN yang memaparkan adopsi AI untuk peningkatan kinerja dan layanan di masing-masing lini bisnis. Arga M. Nugraha, memastikan bahwa BRI merupakan bank yang dekat dengan perkembangan teknologi. “Kami adalah industri yang sangat dekat dengan teknologi. AI adalah cara kami untuk bisa menghumanisasi layanan-layanan kami, terutama layanan digital. Dengan keahlian kami di bidang microfinance , kami melihat bahwa kami harus melayani masyarakat di segmen yang lebih bawah,” kata Arga. Arga menganggap AI adalah cara BRI untuk menghumanisasi layanan, utamanya yang digital. Salah satu inovasi AI unggulan BRI adalah pengembangan conversational banking melalui Sabrina, chatbot berbasis AI yang merevolusi cara BRI berinteraksi dengan nasabah. Sabrina dikembangkan dengan Natural Language Processing (NLP) dan advance analytics yang memungkinkan Sabrina memahami percakapan dengan lebih baik. Nasabah pun dapat mengakses layanan perbankan, terlepas dari batasan ruang, waktu, bahkan kesibukan. Cukup dengan voice command ke Sabrina, nasabah bisa mengakses apapun yang dibutuhkan, memastikan BRI dapat hadir bagi setiap nasabahnya. BACA JUGA:Inaugurasi Desa BRILiaN Batch 1 2024, BRI Beri Apresiasi Bagi 40 Desa Terpilih BACA JUGA:KUR BRI Bantu Usaha Kayu Rotan Bangkit dari Krisis Selain itu, dengan kekuatan jaringannya yang menjangkau hingga pelosok negeri, penting bagi BRI untuk memastikan layanan nasabah yang inklusif dan aksesibel. Untuk itu, Sabrina dikembangkan menggunakan Large Language Modelling (LLM) yang memungkinkan Sabrina mempelajari lebih banyak bahasa. Kini, Sabrina mampu memahami hingga 8 bahasa daerah, seperti bahasa Jawa, Sunda, dan Padang, dimana efisiensi Sabrina bahkan 12% lebih cepat untuk memahami pertanyaan atau perintah dalam bahasa daerah. Tidak hanya dari sisi nasabah, AI juga dimanfaatkan BRI untuk meningkatkan operasional frontliners , yakni para customer service dan agen call center BRI. BRI memanfaatkan generative AI untuk mengorganisir knowledge dan menyajikannya dalam wujud mesin pencari yang disebut Working Instruction Search Engine (WISE). Melalui WISE, frontliners cukup memasukkan pertanyaan atau keluhan nasabah di WISE, dan WISE akan memberikan solusi dan prosedur bagaimana merespon pertanyaan atau keluhan tersebut. BRI juga memamerkan robotic arm yang akan digunakan untuk cash processing management di regional office BRI. Teknologi ini bertujuan untuk pengambilan dan penyetoran kembali, serta penyortiran uang tunai dalam operasional regional office , serta berguna untuk meminimalisir perbedaan dan selisih dalam proses tersebut. Berbagai inovasi di bidang AI ini dikembangan oleh tim BRIBRAIN. BRIBRAIN merupakan pusat eksplorasi inisiatif AI (Prediktif dan Generatif) di BRI, termasuk penjajakan berbagai use case AI, membentuk standar dan tata kelola, serta mengembangkan talenta AI bagi BRI.(*) BACA JUGA:BRI Dinobatkan Sebagai Tempat Kerja Terbaik oleh HR Asia BACA JUGA:Produsen Keripik Kulit Ikan “Rafins Snack” Mendunia, Berkat KUR BRI dan Rajin Ikut PameranBRI Kenalkan Conversational Banking hingga Robot Cash Management di Kick-Off BUMN AI Center of Excellence
Minggu 09-06-2024,16:02 WIB
Reporter : Septi
Editor : Jal
Kategori :
Terkait
Sabtu 14-06-2025,11:50 WIB
BRI dan Rumah BUMN Cetak UMKM Siap Ekspor: Kisah Sukses Baker’s Gram
Jumat 13-06-2025,19:27 WIB
Dorong Sektor Produksi Bergeliat, BRI Salurkan KUR Rp69,8 Triliun ke 8,3 Juta Debitur UMKM
Kamis 12-06-2025,18:00 WIB
Green Financing BRI Terus Tumbuh di Tengah Transformasi Hijau Industri Perbankan
Rabu 11-06-2025,14:52 WIB
Resmikan Sentra Layanan Prioritas di Cirebon, Kini BRI Miliki 43 Lokasi Layanan Premium di Indonesia
Selasa 10-06-2025,14:10 WIB
UMKM di Basel Bakal Menerima Bantuan, Segini Total Uang dan Penerimanya
Terpopuler
Minggu 15-06-2025,13:21 WIB
Islamic Cukur PT Timah Empat Gol Tanpa Balas
Minggu 15-06-2025,13:34 WIB
TJSL PLN UIW Bangka Belitung: Bukan Sekadar Filantropi, Tetapi Strategi Bisnis Berkelanjutan yang Terukur
Minggu 15-06-2025,04:53 WIB
Napi Kabur Sembunyi di Kace
Minggu 15-06-2025,10:13 WIB
Perluas Jangkauan Bantuan Hukum, Kemenkum Latih 2.500 Muslimat NU Jadi Paralegal
Minggu 15-06-2025,10:52 WIB
Gubernur Hidayat Arsani Lepas Ribuan Peserta Bhayangkara Babel Run 2025
Terkini
Minggu 15-06-2025,18:38 WIB
Kejuaraan Pencak Silat Piala Dandim 0413/Bangka Resmi Ditutup, PSI: Harumkan Pangkalpinang Sampai ke Nasional
Minggu 15-06-2025,18:32 WIB
Penarikan Retribusi Oleh Dishub Basel Sudah 52,94 Persen, Ini Rinciannya
Minggu 15-06-2025,18:29 WIB
Kapolda Babel di Hadiahi Dua Buku Oleh Ketua PWI Basel, Ini Penulis Buku Tersebut
Minggu 15-06-2025,17:05 WIB
Permudah Tarik Tunai di Desa, Brilink Batin Raya juga Layani Penarikan Bantuan PKH
Minggu 15-06-2025,16:42 WIB