Ego Kekuasaan Penyebab Mandeknya Pemilihan Alat Kelengkapan DPRD Babel, Siapa Ya?

Sabtu 30-09-2023,09:14 WIB
Reporter : Julian
Editor : Jal

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - DPRD Bangka Belitung (Babel) kembali menjadwalkan pemilihan untuk tiga posisi pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Penjadwalan itu disepakati dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Babel, Jumat (29/9) kemarin. Hadir Plt Wakil Ketua DPRD Babel Heryawandi dan Heliyana memimpin jalannya Banmus.

BACA JUGA:Trauma Jadi Temuan, Komisi I DPRD Babel Diam-diam Cari Info Tunjangan Perumahan ke Bangka

Diketahui, pengisian posisi Ketua Komisi I, Wakil Ketua Komisi IV dan Ketua Badan Pemmbentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) lewat jalur pemilihan tersebut sempat tertunda.

Dalihnya, lantaran belum adanya format yang disepakati untuk mengisi kekosongan kursi pimpinan tiga AKD ini. Namun berjalan waktu, mandeknya pemilihan tersebut disinyalir karena masih ada ego fraksi. Khususnya bagi fraksi yang sempat menduduki kursi pimpinan tiga AKD tersebut. Hal ini pun disinggung langsung oleh Plt Wakil Ketua DPRD Babel, Heryawandi kepada Babel Pos usai rapat Banmus.

BACA JUGA:Ini Penilaian Anggota DPRD Babel atas Pelaksanaan Porprov VI 2023

Heryawandi meminta agar seluruh fraksi di DPRD Babel dapat mengedepankan kebersamaan ketimbang ego dan kekuasaan.

"Ya kalau toh ada di sebelum-sebelumnya, kita Insya Allah ke depan tidak seperti itu. Yang ingin kita kedepankan adalah kebersamaan, bukan ego dan kekuasaan," ungkapnya.

BACA JUGA:Pansus DPRD Babel Sambut Baik Terbentuknya Bursa Sawit

Diketahui posisi Ketua Komisi I DPRD Babel sebelumnya dijabat almarhum Nico Plamonia Utama dari Fraksi Demokrat, sementara posisi Wakil Ketua Komisi IV dan Ketua Bapemperda diduduki Heliyana yang kini menjabat Plt Wakil Ketua DPRD Babel.

"Jadi siapapun dan dari mana pun selama itu untuk membangun kinerja, saya pikir tidak ada persoalan," timpal Heryawandi lagi.

BACA JUGA:Isu 'Maling Besar' ke Polda? Marshal: DPRD Babel Juga Mana Suaranya?

Dikatakan politisi Partai Golkar ini, urgensi adanya pengisian kekosongan tiga pimpinan AKD ini guna mempercepat laju kinerja DPRD Babel. Pemilihan nanti akan tetap berpedoman pada koridor tata tertib (Tatib) DPRD Babel.

"Makanya ini harus diisi. Dan menurut tata tertib itu bisa diisi dan pilih oleh AKD yang bersangkutan nanti. Komisi I, Komisi IV dan Bapemperda," jelasnya.

BACA JUGA:Tok! Heryawandi dan Heliyana Resmi Duduk di Kursi Pimpinan DPRD Babel

Kategori :