Pintu Gerbang Pulau Bangka Dijaga Ketat

Minggu 26-03-2023,04:17 WIB
Editor : Babelpos

BABELPOS.ID, MENTOK - pintu gerbang Pulau Bangka khususnya arus dari Sumatera, Polres Bangka Barat (Babar), kini meningkatkan patroli pengawasan di daerah rawan.

Tindakan itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga selama bulan Ramadan.

"Patroli daerah rawan akan kita tingkatkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kriminal, terutama saat Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri,'' ujar Wakapolres Babar Kompol Andri Eko Setiawan.

BACA JUGA:THM di Babar Dilarang Beroperasi Selama Ramadan, Ini Sanksi yang Melanggar

Peningkatan aktivitas masyarakat di bulan puasa hingga lebaran terjadi setiap tahun dan perlu mendapatkan perhatian lebih agar situasi kamtibmas tetap kondusif.

Selain meningkatkan patroli keliling di lokasi-lokasi yang dianggap rawan, papar dia, polisi melakukan pola patroli sambang warga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan tempat tinggal masing-masing.

BACA JUGA:Belasan Hari Operasi Menumbing 2023, Ratusan Teguran Diberikan Satlantas Polres Babar

Sementara itu, untuk pelabuhan juga diperketat pengawasannya untuk mengantisipasi peredaran berbagai jenis barang ilegal.

"Saat Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya terjadi peningkatan aktivitas di pelabuhan-pelabuhan kecil di sepanjang pesisir Bangka Barat, kami harapkan melalui peningkatan patroli ini bisa mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan," kata Kepala Satpolair Polres Babar Iptu Sugiyanto.

BACA JUGA:Polres Babar Pantau Penyelewengan BBM, Ini Dua Kasus yang Ditangani

Babar daerah kepulauan yang memiliki banyak pelabuhan kecil dan dermaga kapal nelayan yang tersebar di sepanjang wilayah pesisir dan biasa menjadi tempat keluar masuk warga dari Pulau Bangka ke wilayah Sumatera.

Dengan banyaknya jalur keluar masuk warga, papar dia, tidak menutup kemungkinan ada oknum yang memanfaatkan untuk distribusi barang ilegal dan narkoba.

"Pengawasan pelabuhan kecil ini mulai kita tingkatkan, termasuk kita memberdayakan warga setempat atau yang biasa beraktivitas di lokasi itu ikut membantu pengawasan," katanya.(ant)

BACA JUGA:Ngopi di Pasar, Kapolres Babar Dapat Ini dari Masyarakat

Kategori :