BABELPOS.ID — Anggota Komisi I DPR RI, Ir. Rudianto Tjen terus berupaya agar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maju dan berkembang. Salah satunya dengan membekali para pelaku usaha tentang wawasan branding produk.
"Branding produk adalah simbol atau desain yang memberikan identitas produk yang berbeda dengan yang ada di pasar. Sebagai contoh, kita dapat melihat di toko atau supermarket bahwa semua produk diberi merek unik dengan berbagai warna, desain dan unsur menarik lainnya," jelas Rudianto Tjen.
Hal itu disampaikan saat membuka secara resmi Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy di Hotel Fox Harris Kota Pangkalpinang, Minggu (27/11/2022).
Diketahui, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh BPPTIK Kementerian Kominfo selama 2 hari (27-28 November 2022) di empat lokasi; Hotel Fox Harris, Hotel Puncak, Hotel Santika, dan Hotel Sol Marina dengan total peserta sebanyak 500 orang.
BACA JUGA:Pesan Rudianto Tjen Hadirkan Keteduhan Politik
BACA JUGA:Rudianto Tjen Motivasi Warga Manfaatkan Teknologi Digital Jadi Peluang Bisnis
BACA JUGA:Rudianto Tjen Ajak Kader PDIP Ciptakan Pemilu Berkualitas
Lanjut Rudi memaparkan cara dalam membranding produk antara lain dengan menentukan target pasar produk. Seperti menyusun berdasarkan target pasar dan data demografisnya, sebagai contoh lokasi target, umur, jenis kelamin, pekerjaan, jenjang pendidikan, dan lain-lain.
"Kemudian, tentukan value atau karakteristik produk. Buatlah suatu produk dengan value dan karakteristik yang berbeda dari kompetitor namun sesuai dengan karakter target pasar produk yang ditargetkan," jelas Rudi.
Setelah itu, dijelaskan Rudi, para pelaku UMKM menentukan nama dan slogan brand produk. Setelah ditentukan produk dengan karakteristik danvalue khusus, maka produk tersebut harus memiliki nama dan slogan yang khas, mudah dingat, mudah ditulis, mudah disebutkan.
BACA JUGA:Rudianto Tjen Hobi Dengar Curhatan Warga Lewat Ngopi Bareng
BACA JUGA:Rudianto Tjen Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Perhelatan Akbar KTT G20
BACA JUGA:Rudianto Tjen Ajak Warga Bersatu Lawan Hoax Demi Keutuhan NKRI
"Tentukan logo dan tampilan rroduk agar produk mudah dikenali dan dipromosikan kepada target pasar maka harus dibuatkan logo dan tampilan kemasan yang khas atau unik," kata wakil rakyat yang dikenal peduli terhadap UMKM lokal tersebut.
Selain itu, Rudi juga menjelaslan hal yang cukup penting dalam memasarkan produk, ialah memanfaatkan digital marketing. Yakni menggunakan media elektronik yang dapat menampilkal tulisan, foto, video, dan audio. biasanya digunakan untuk memasarkan brand atau produk.