Polres Pangkalpinang Ikut Upacara HUT ke 76 Bhayangkara Secara Virtual

Selasa 05-07-2022,12:57 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Babelpos

*AKBP Budi Siap Laksanakan Intruksi Presiden --

BABELPOS.ID, PANGALPINANG - Polres Pangkalpinang mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara secara serentak di seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (5/7/2022).

Upacara yang dilaksanakan dihalaman Mapolres Pangkalpinang ini dihadiri Kapolres Pangkalpinang AKBP Dwi Budi Murtiono dan sejumlah pejabat Forkopimda Kota Pangkalpinang serta PJU dan personel Polres Pangkalpinang.

Upacara yang diikuti Polda dan polres jajaran di seluruh Indonesia ini dipimpin langsung Presiden RI, Joko Widodo dari Lapangan Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah.

Dalam amanatnya, Jokowi menyatakan harapannya kepada institusi Polri.

"Saya menyampaikan selamat hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat dalam membela bangsa dan negara.

Saya dan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri," ucap Jokowi mengawali amanatnya.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini Jokowi mengingatkan agar Polri menggunakan kewenangannya dengan baik. Sebab, kewenangannya yang besar itu selalu dinilai oleh masyarakat. Satu kesalahan, apapun itu, bisa merusak kepercayaan masyarakat kepada Polri.

"Kewenangan Polri sangat besar. Organisasi Polri menembus sampai ke tingkat desa dan setiap hari anggota Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat, bersentuhan langsung dengan rakyat.

Di mana pun saudara-saudara bertugas, saudara-saudara selalu dalam pengamatan rakyat, saudara-saudara selalu dalam penilaian rakyat. Rakyat menilai apakah perilaku Polri sesuai dengan harapan rakyat. Jadi bekerjalah dengan hati hati, bekerjalah dengan presisi,” pintanya.

Sementara itu, Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono saat ditemui Babel Pos usai upacara menyatakan siap melaksanakan apa yang menjadi arahan dan intruksi Presiden dalam amanat HUT Bhayangkara ke-76. Terlebih pada poin penekanan polri diminta untuk lebih berhati-hati dalam bekerja.

“Terkait penekanan ini, Polres Pangkalpinang akan melakukan berbagai upaya pembinaan dan pembenahan pola kerja dan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk membuat para pemimpin yang ada di Polres Pangkalpinang atau kepala satuan harus update peraturan, SOP ataupun hal-hal yang berkaitan dengan penegakkan hukum, karena apabila penegak hukum tidak tahu dengan hukum yang berlaku, pasti ada hal-hal yang nantinya bisa kita langgar,” tegas Budi.

Selain para pemimpin atau kepala satuan, kata Budi, dirinya juga akan memberikan pembinaan ataupun pengetahuan wawasan kepada seluruh personel Polres pangkalpinang untuk memahami aturan hukum yang berlaku tersebut. 

“Dan kita juga akan mengevaluasi penegakkan hukum apakah sudah sesuai dengan SOP yang berlaku, apakah sudah mencerminkan bahwa kita sudah melayani masyarakat atau belum dan apakah efek dari tindakan kita itu bisa memuaskan masyarakat atau belum, sehingga apabila tiga hal ini kita pedomani, kita cermati, mudah-mudahan kita bisa melaksanakan intruksi presiden agar polisi lebih berhati-hati dalam bekerja, sehingga outcome yang diinginkan Bapak Presiden bisa kita wujudkan,” pungkas perwira melati dua ini.

Usai mengikuti upacara secara virtual, kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran yang dilaksanakan di Aula Sarja Arya Racana dan dihadiri sejumlah tamu undangan.(pas)

Kategori :