Lima Bulan Terakhir, Inflasi Tahunan Bangka Belitung Terendah se-Nasional

Lima Bulan Terakhir, Inflasi Tahunan Bangka Belitung Terendah se-Nasional

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rommy S. Tamawiwy--

BACA JUGA:Dukung Perajin Batik di Wilayah Operasional, Upaya Konkret PT Timah Lestarikan Warisan Budaya Indonesia

 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rommy S. Tamawiwy menyampaikan bahwa tingkat inflasi Bangka Belitung yang terus terjaga merupakan hasil dari konsistensi kebijakan moneter, serta eratnya sinergi pengendalian inflasi antara Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah serta stakeholder lainnya yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melalui penguatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). 

BACA JUGA:Sepekan Usai Operasi Pasar Murah, Harga Bapok Masih Stabil

 

"Sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan di daerah terus digelorakan terutama dalam kerangka kebijakan pengendalian inflasi 4K (Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif)," kata Rommy dalam keterangan resminya, Kamis (3/10/2024). 

BACA JUGA:Satpas Polresta Pangkalpinang Siap Berikan Layanan Cepat dan Transparan

BACA JUGA:Tekad Pemprov Babel dan LSF Sinergi Kembangkan Industri Perfilman Bermutu

 

Rommy mengatakan, selama September 2024, Bank Indonesia bersama TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung telah melakukan berbagai upaya dalam merespon potensi risiko inflasi. 

 

Dalam upaya menjamin keterjangkauan harga pangan di masyarakat, kata dia, telah dilakukan sidak pasar dan pemantauan stok ke 7 Kabupaten/Kota, pelaksanaan operasi pasar murah di Kabupaten/Kota, serta pemantauan harga dan pasokan. 

BACA JUGA:Satpas Polresta Pangkalpinang Siap Berikan Layanan Cepat dan Transparan

 

Selain itu, Rommy menambahkan, untuk menjaga ketersediaan pasokan pangan di masyarakat, telah dicanangkan Gerakan Ketapang Bergema (Ketahanan Pangan Bergerak Bersama) oleh Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Hari Tani Nasional 2024 untuk meningkatkan produksi pertanian guna menekan ketergantungan pasokan pangan dari luar daerah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: