Pemkab Bangka Bangun 40 Rumah Layak Huni

Pemkab Bangka Bangun 40 Rumah Layak Huni

Asmawi Alie --

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka membangun 40 unit rumah baru layak huni  guna meningkatkan kualitas permukiman kumuh.

"Program pembangunan 40 unit rumah baru layak huni tersebut difokuskan dalam satu kawasan yakni di Lingkungan Parit Pekir Sungailiat," kata Plt Sekda Bangka, Asmawi Alie di Sungailiat, Rabu (25/9).

BACA JUGA:4 Pebalap Binaan Astra Honda Siap Bertarung di Event GP Mandalika 2024

Ia menjelaskan, spesikasi warga penerima bantun program dana alokasi khusus (DAK) dan APBD ini adalah warga yang hanya memiliki lahan dengan luas di bawah 10 hektare.

"Saat sekarang sudah dalam tahap proses pengerjaan fisik, dan diharapakan dapat selesai tepat waktu," jelas dia.

Program bantuan rumah baru layak huni, tidak hanya melakukan pembangunan rumah, melainkan rehab atau perbaikan rumah yang dianggap hanya cukup direhab.

BACA JUGA:Masjid Agung Sungailiat Nominasi Anugerah Masjid Percontohan Tingkat Nasional

"Setelah pembangunan rumah selesai, akan dilanjutkan dengan pembangunan jalan guna mempermudah akses masyarakat setempat," kata dia.

Melalui program pembangunan rumah baru layak huni, mampu meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat penerima bantuan.

Tercatat kurang lebih masih 3.000 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Bangka yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan dengan kreteria ringan, sedang dan sekitar 1.000 unit rumah kategori berat atau benar-benar harus dilakukan pembangunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: