Kawasan Kampung Iklim Teluk Rubiah akan Ditata Ulang, Ini Tujuannya

Kawasan Kampung Iklim Teluk Rubiah akan Ditata Ulang, Ini Tujuannya

Bong Ming Ming --

BABELPOS.ID, MENTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melakukan penataan ulang kawasan wisata Kampung Iklim di Teluk Rubiah, Kecamatan Mentok agar semakin nyaman dan menarik.

BACA JUGA:Wow! Gadis Toboali-Manado Ini Jadi Wakil Indonesia di Ajang Miss Teen Universe 2024 India

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming mengatakan, proses penataan ulang saat ini sedang berlangsung. Dengan penataan yang baik dan estetik diharapkan kawasan tersebut bisa menjadi sarana bagi pelaku UMKM menggelar dagangan dan mendukung tempat wisata Kampung Iklim. 

Dalam proses penataan ulang tersebut, kata dia, pemerintah telah menyiapkan sebanyak 33 tempat untuk UMKM dengan memanfaatkan dana tanggung jawab sosial dan lingkungan dari PT Timah Tbk dan salah satu perusahaan yang ada di daerah itu.

BACA JUGA:Miliki Modal Kuat, Laba BRI Layak Dibagi Dalam Bentuk Dividen

Selain melibatkan dua perusahaan tersebut, pemerintah juga akan melibatkan sejumlah perusahaan bank, antara lain Bank Mandiri, BRI dan Bank SumselBabel untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan kawasan tersebut.

"Nanti perusahaan bank ini akan kita libatkan untuk menyediakan meja dan tempat duduk di situ,” katanya, Jumat (30/8).

BACA JUGA:Mengejutkan! Bintang Liverpool Ini Ingin Pergi

Selain memfasilitasi para pelaku UMKM, pemerintah juga melakukan perbaikan dan pembangunan beberapa fasilitas pendukung lain dengan memanfaatkan dana alokasi khusus tematik.

"Berbagai langkah yang dilakukan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam upaya menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM," katanya.

BACA JUGA:Aksi Pencuri Kotak Amal Masjid Al Ulya Terekam CCTV, Ini Identitas Pelaku

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bangka Barat Heriyandi mengatakan penataan ulang kawasan itu dilakukan mulai dari perbaikan akses jalan dari simpang Pasar Mentok hingga ke simpang Kantor Camat menggunakan anggaran dana alokasi khusus tematik dari Pemerintah Pusat.

“Tahun ini kita mendapatkan DAK dari Kementerian PUPR untuk mendukung kegiatan pariwisata di kawasan itu dan untuk mendukung kegiatan itu kita lakukan pembangunan akses jalan,” katanya.

BACA JUGA:BSI Dukung Eksistensi UMKM Dalam Sibakul Jogja Sport Fest 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kawasan kampung iklim