Aksi Pencuri Kotak Amal Masjid Al Ulya Terekam CCTV, Ini Identitas Pelaku

Aksi Pencuri Kotak Amal Masjid Al Ulya Terekam CCTV, Ini Identitas Pelaku

Aksi pelaku membongkar kotak amal Masjid Al Ulya yang terekam CCTV. --Foto Agus

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Aksi pencurian kotak amal masjid di Kota Pangkalpinang kembali terjadi. Kali ini, peristiwa tersebut terjadi di Masjid Al Ulya yang berada di Jalan Raden Abdullah Kelurahan Opas Indah Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang. 

Terungkapnya peristiwa ini setelah aksi pelaku terekam CCTV masjid. Pelaku diketahui bernama Jeri (24), pemuda asal Desa Jelutung Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah. 

"Pelaku seorang pengangguran. Dia ditangkap Tim Buser Naga pada Kamis (29/8/2024) sekira pukul 23.00 WIB di Desa Jelutung. Saat ini sudah diamankan untuk proses hukum lebih lanjut," kata Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang, AKP Muhammad Riza Rahman kepada Babel Pos, Senin (2/9/2024). 

BACA JUGA:Pengurus Masjid Berterimakasih ke Polres Bangka yang Berhasil Ungkap Pencurian Kotak Amal

BACA JUGA:Dua Pencuri Kotak Amal 16 Masjid di Bangka Tertangkap, Ini Identitasnya

Riza mengatakan, peristiwa pencurian tersebut diketahui pengurus masjid pada Kamis (29/8/2024) sekira pukul 08.00 WIB. Awalnya, ketua masjid menemukan lem di seputaran kotak amal. 

Merasa curiga, kata Riza, ketua masjid melaporkan hal tersebut ke marbot masjid untuk dilakukan pengecekan dan ditemukan lidi yang telah diolesi dengan lem yang ditemukan di dalam gudang masjid. 

"Dan setelah di cek, kotak amal sudah dalam keadaan kosong. Akibat dari kejadian tersebut Masjid Al - Ulya mengalami kerugian Kurang lebih sebesar Rp3 juta dan melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Pangkalpinang untuk ditindaklanjuti," ungkap Riza. 


Pelaku saat mendatangi masjid --Foto: ist

Mendapati laporan tersebut, dikatakan perwira balok tiga ini, Tim Buser Naga yang dipimpin Aiptu Rudi Kiai langsung melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP). Identitas pelaku pun akhirnya diketahui setelah tim mengecek CCTV masjid. 

"Jadi berbekal rekaman CCTV, tak sampai 24 jam pelaku berhasil kita amankan," kata Riza. 

Lanjut Riza, saat diinterogasi pelaku mengakui perbuatannya. Awalnya, pelaku melintas di daerah Opas melewati Masjid Al Ulya dan melihat bahwa masjid tersebut dalam kondisi sepi dan tidak ada orang. Lalu, pelaku lalu pergi ke toko bangunan untuk membeli lem cap tikus yang akan digunakan pelaku untuk melakukan aksinya.

Setelah itu, tambah Riza, pelaku kembali lagi ke masjid yang akan dituju tersebut dan masuk ke dalam masjid lewat pintu samping masjid yang dalam keadaan tidak terkunci. Setelah berhasil masuk, pelaku mengambil sapu lidi dan mengambil satu helai lidi yang kemudian di oleskan dengan lem cap tikus tersebut. 

BACA JUGA:Pura-pura Salat, Pria Asal Sumsel Ini Incar Motor di Masjid, Ketahuan Usai Ditangkap Maling Kotak Amal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: