Segini Target Penurunan Stunting Kota Pangkalpinang Tahun 2024

Segini Target Penurunan Stunting Kota Pangkalpinang Tahun 2024

Agustu Afendi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pangkalpinang.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Sebagai komitmen Pemerintah Kota Pangkalpinang terhadap Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting Dan Peraturan Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Rencana Aksi Percepatan Penurunan Stunting Di Indonesia Tahun 2021-2024.

 BACA JUGA:Di Depan Ulama, Pj Wako Budi Utama Beberkan Agenda Prioritas Unggulannya

Penjabat Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama gencarkan lima program prioritas Pemerintah Kota Pangkalpinang, salah satunya adalah Merdeka Stunting.

Hal ini disampaikan oleh Agustu Afendi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pangkalpinang optimis gencarkan Merdeka Stunting sebagai program prioritas Pj Wali Kota Pangkalpinang bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Pangkalpinang yang diketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) untuk terus berupaya menekan angka stunting agar mengalami penurunan.

BACA JUGA:Begini Cara Budi Utama Bangkitkan PAD Pangkalpinang

Termaktub dalam Peraturan Presiden tersebut Stunting merupakan permasalahan kekurangan gizi utama balita indonesia saat ini.

Stunting disebabkan karena kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama dan penyakit infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badan berada dibawah standar.

“Kondisi stunting di Kota Pangkalpinang Berdasarkan Data Survey Status Gizi Indonesia mengalami penurunan dari 16,7% tahun 2021 menjadi 12,9% tahun 2022.

Terdapat penurunan sebesar 3,8%, jika dilihat dari angka tersebut dapat kita ketahui adanya tren penurunan stunting di Kota Pangkalpinang sudah melebihi target yang sudah ditentukan.

Prevalensi stunting Kota Pangkalpinang Tahun 2023 Berdasarkan Hasil Survey Kesehatan Indonesia tahun 2023 sebesar 20,7%.

Artinya terjadinya penurunan prevalensi stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Kota Pangkalpinang dari hasil Survey Kesehatan Indonesia 2023 dibandingkan dengan Riset Kesehatan Dasar 2018 sebesar 2,8%," ujar Agustu dikutip dari canal Diskominfo Pangkalpinang, Senin (5/8/2024).

BACA JUGA:Pelaku UMKM Taman Dealova Usul CFD

Pergerakan cepat terus dilakukan, salah satunya adalah melakukan screening terhadap anak-anak di Kota Pangkalpinang.

Terdapat 205 anak berhasil diidentifikasi berpotensi stunting untuk segera dilakukan penanganan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: