Herpurwani Pimpin DPC IWAPI Kabupaten Bangka

Herpurwani Pimpin DPC IWAPI Kabupaten Bangka

Pelantikan DPC IWAPI Kabupaten Bangka. --Foto: Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Ketua DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Bangka Belitung, Dra.Catharina Kristiatmini melantik dan mengukuhkan Dewan Pengurus Cabang (DPC) IWAPI Kabupaten periode 2024-2029 yang diketuai Dra. Herpurwani, di OR Parai Tenggiri kantor Bupati Bangka, Sabtu (10/8/2024).

Asisten III Setda Bangka, Muhtar yang mewakili PJ Bupati Bangka, mengatakan keberadaan IWAPI merupakan wadah para pengusaha perempuan yang mampu berkontribusi secara optimal dan profesional, tidak hanya dalam kehidupan berorganisasi, namun juga dalam pertumbuhan ekonomi daerah serta kesejahteraan masyarakat.

"Saya mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik, semoga pertumbuhan ekonomi di daerah ini dapat terus tumbuh dan berkembang dengan hadirnya wadah wanita kreatif dan inovatif di organisasi ini," ujar Muhtar.

Dikatakan Muhtar, pengusaha -pengusaha wanita yang tergabung di IWAPI harus jeli melihat peluang, program kerja yang memiliki daya dukung bagi perkembangan usaha di Kabupaten Bangka, serta menggalakkan pemberdayaan bagi para pedagang di Kabupaten Bangka tercinta ini.

"Kabupaten Bangka masih memiliki pekerjaan rumah besar untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem dan stunting. Saya harap program kerja yang dijalankan melalui IWAPI, mampu beriringan secara sinergis dengan program kerja pemerintah, terutama terkait problem kemiskinan ekstrem dan stunting yang memerlukan kolaborasi lintas sektor, agar dapat berjalan efektif dalam mengentaskannya," kata Muhtar.

BACA JUGA:Lindungi Perempuan dan Anak Lewat DRPPA

BACA JUGA:Sinergi Jadi Kunci Keberhasilan Pemkab Bangka Tekan Kasus Kekerasan Perempuan

Sedangkan Ketua DPD IWAPI Provinsi Bangka Belitung, Catharina Kristiatmini mengatakan bersamaan dengan dilantiknya Ketua DPD IWAPI Provinsi Bangka Belitung, pada tanggal 13 Juni 2024 lalu dilantik juga para ketua DPC Kabupaten Bangka, Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Belitung Timur.

"Alhamdulillah saat ini, DPD IWAPI Bangka Belitung sudah punya pilar yang lengkap, dengan telah terbentuk pengurus - pengurus cabang," ucapnya. 

Dikatakan Catharina, selaku Ketua DPD IWAPI Bangka Belitung ia menitipkan para pengurus DPC IWAPI Kabupaten Bangka kepada Pemerintah Kabupaten Bangka, untuk dapat membimbing, arahan serta juga kepada Kadin Bangka sebagai induk IWAPI.

"DPC IWAPI Kabupaten Bangka hendaknya dapat berkolaborasi, berinovasi dan bersinergi dengan Pemkab Bangka serta organisasi-organisasi lain, sehingga yang menjadi harapan IWAPI dapat terlaksana dengan baik," harapnya. 

Catharina menyampaikan, IWAPI memiliki visi dan misi yaitu Inkubasi dan akselarasi. IWAPI yang merupakan ikatan wanita pengusaha.

"Jadi fokus kita pada usaha, bagaimana para ibu-ibu bisa menjadi pemimpin usaha-usaha, karena 98 persen anggotanya adalah UMKM dan 2 persen, usaha-usaha besar. Bukan dalam artian jadi anggota IWAPI harus memiliki usaha yang besar, justru usaha dari yang UMKM pemula, kita bina, latih agar bisa menjadi UMKM menengah kemudian lebih meningkat lagi ke jenjang yang lebih tinggi. Karena program IWAPI memiliki program- program pembinaan pelatihan- pelatihan usaha, karena organisasi IWAPI berjenjang dari pusat, DPD dan DPC," jelas Catharina.

BACA JUGA:Tangani Kekerasan Perempuan dan Anak, Pemkab Bangka Ajak Semua Pihak Sinergis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: