Sarjana di Beltim Hanya Lima Persen, Kamarudin Bertekad Tingkatkan Pendidikan

Sarjana di Beltim Hanya Lima Persen, Kamarudin Bertekad Tingkatkan Pendidikan

Kamarudin Muten bertemu masyarakat Beltim. --Foto: ist

BABELPOS.ID, MANGGAR - Kamarudin Muten menyuarakan keprihatinannya terhadap rendahnya angka partisipasi pendidikan tinggi di Belitung Timur, di mana hanya 5,03% penduduk yang melanjutkan pendidikan hingga jenjang sarjana. Oleh karena itu, ia bertekad untuk memberikan dukungan penuh agar pemuda Beltim dapat menempuh pendidikan.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung Timur Tahun 2023 menunjukkan angka yang memprihatinkan ini, yang jauh lebih rendah dibandingkan tingkat partisipasi pendidikan dasar dan menengah yang masing-masing mencapai 99,43% dan 91,61%.

"Angka partisipasi pendidikan tinggi yang rendah ini adalah pekerjaan rumah kita semua dan tantangan besar bagi kita. Kita harus memastikan bahwa pemuda Beltim memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan," ujar Kamarudin saat bertemu mahasiswa KKN di Kecamatan Simpang Pesak, Senin (8/7).

BACA JUGA:Ahok Siap Bantu Kamarudin Muten Menang di Pilkada Beltim 2024

BACA JUGA:Warga Korban Kebakaran Beltim Terharu, Rumahnya Mulai Dibangun Kamarudin Muten

Untuk mencapai tujuan ini, Kamarudin berencana menyediakan program dukungan, beasiswa, dan bantuan pendidikan lainnya yang menunjang pemuda Beltim untuk berprestasi. Ia yakin bahwa dengan kerja sama, semua pihak bisa membawa perubahan nyata dalam sektor pendidikan di Beltim.

"Tentu masyarakat harus memberikan kepercayaan dulu, harus yakin pada saya, bahwa jika kita bisa bersama-sama, kita mampu membuat pemuda Beltim berprestasi dan berkeinginan melanjutkan pendidikan tinggi," tambah Kamarudin, yang akrab disapa Afa.

Menurutnya, membangun ekosistem pendidikan yang saling mendukung dari berbagai sektor juga sangat penting. "Dari pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat, semuanya harus bekerjasama. Meningkatkan fasilitas pendidikan, menyediakan pelatihan guru, dan mendorong program-program yang meningkatkan partisipasi pendidikan tinggi," tegasnya.

Kamarudin percaya bahwa dengan semakin banyak anak muda yang berprestasi dan berkualitas, efek berkelanjutan akan tercipta, membawa masyarakat Belitung Timur menuju kesejahteraan yang lebih baik.(*)

BACA JUGA:Bikin Kagum, Kamarudin Muten Potong Sapi Kurban Untuk Anak Yang Muallaf

BACA JUGA:Berdayakan UMKM, Kamarudin Muten Dorong Belanja Produk Lokal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: