Program Magang Kerja Disnaker Babel Membludak, Jumlah Pendaftar 3 Kali Lipat Kuota

Program Magang Kerja Disnaker Babel Membludak, Jumlah Pendaftar 3 Kali Lipat Kuota

Elius Gani --Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Program Magang Kerja 2024 yang dibuka Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mendapat animo yang luar biasa.

Terbukti, sejak dibuka pada 14-28 Juni 2024, pelamar di program ini membludak. Tercatat ada sebanyak 600 lebih pendaftar. Sayangnya, kuota yang disediakan hanya 175 peserta. Artinya jumlah peserta 3 kali lipat lebih dari kuota. Nantinya pedaftar terpilih akan ditempatkan di 40 perusahaan baik di Bangka maupun di Belitung.

"Magang kerja ini dilakukan untuk memberikan pengalaman kerja kepada peserta magang, sehingga mereka dapat nantinya ada kesempatan kerja yang lebih besar, karena sudah memiliki pengalaman," kata Kepala Disnaker Babel Elius Gani, Selasa (2/7). 

BACA JUGA:Disnaker Babel Buka Program Magang Kerja, Buruan Daftar!

BACA JUGA:UMP Babel Naik 4,04 Persen, Disnakertrans Basel Sosialisasikan ke Perusahaan

Perusahaan magang kerja itu, lanjut dia, bergerak di berbagai bidang di antaranya perhotelan, retail, marketing, usaha kecil menengah, ekpedisi, konsultan dan lain sebagainya. "Mereka akan dimagangkan selama lima bulan kedepan, jadi ini Juli berarti sampai November akhir," ucapnya. 

Para peserta yang terpilih mengikuti program ini akan mendapatkan uang saku selama mengikuti kegiatan itu, yang berlangsung selama lima bulan. "Per bulan uang sakunya itu Rp1.000.000 dari pemerintah," tuturnya.

Ia menambahkan, jika individu yang mengikuti program ini menunjukkan kinerja yang bagus, lalu dianggap bagus oleh tempat mereka magang, maka ada peluang bergabung dengan perusahaan tersebut. 

"Kebanyakan yang dulu-dulu mereka tidak perlu lagi melatih orang-orang baru karena mereka selama lima bulan sudah dilatih, dan perusahaan hemat biaya pelatihan. Intinya kita memberikan pengalaman kerja yang lebih," imbuhnya.(*)

BACA JUGA:Ratusan Pencari Kerja Padati Job Fair Disnaker Babel

BACA JUGA:Disnakertrans Babel Usulkan Pendidikan dan Pelatihan Skill Bagi PHL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: