BPBD Pangkalpinang Tingkatkan Kapasitas Tim Reaksi Cepat

BPBD Pangkalpinang Tingkatkan Kapasitas Tim Reaksi Cepat

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Pangkalpinang. --Foto: ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang berupaya meningkatkan kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC). Untuk itu, digelar pengembangan kapasitas dengan menghadirkan narasumber dari Badan Sar Nasional (Basarnas) Kota Pangkalpinang, Selasa (25/6/2024).

Sekretaris BPBD Kota Pangkalpinang, Renal Winata menjelaskan sinergi ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan anggota TRC dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat di bidang kebencanaan. Diharapkan kemampuan personel BPBD dalam kegiatan ini dapat meningkat.

“Dengan dilatih oleh Basarnas kami ingin meningkatkan kemampuan personel kita. Jadi apa yang dilatih oleh instruktur dari Basarnas ini menjadi kunci bagi anggota dalam melaksanan kegiatan kebencanaan di Kota Pangkalpinang,” urainya.

BACA JUGA:Siaga Bencana, Pj Gubernur Safrizal Intruksikan BPBD Tingkatkan Kewaspadaan

BACA JUGA:Safrizal Cek Kesiagaan Bencana BPBD : Semua Harus Siap!

Dengan hadirnya narasumber mumpuni dengan sertifikat nasional, dan berpengalaman di bidang penyelematan permukaan air, personel BPBD dapat lebih maksimal dalam hal kebencanaan. Mereka akan melalui praktik penyelamatan di kolam Aquatic dan juga di Pantai Tikus Emas. 

"Alhamdulilah, kegiatan ini di support Basarnas kota Pangkalpinang,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Kedaruratan (P2K) BPBD Kota Pangkalpinang, Nur Ikhsan mengatakan kegiatan yang diikuti oleh 20 peserta ini bertujuan untuk anggota TRC memiliki sertifikat. Sehingga mereka lebih mumpuni dan diharapkan dapat menjadi struktur internal kedepannya. 

"Ini bertahap dimana penyelamatan di atas permukaan air, karena kita ini daerah kepulauan yang harus siaga terhadap kondisi cuaca dan hal-hal lain yang berkaitan dengan laut dan air,” jelasnya.

Dia berharap, kegiatan dapat rutin dilaksanakan agar kapasitas tim anggota TRC dapat lebih terbentuk dengan maksimal. Pihaknya juga akan merencanakan climbing, jungle rescue yang akan disusun agar semua personel TRC ini dapat mempunyai kemampuan dalam pelaksanaan kegiatan terutama dalam menghadapi bencana.(*)

BACA JUGA:Mulai Hujan, BPBD Minta Masyarakat Waspada Bencana AlamBACA JUGA:Lagi, Kompi 1 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Babel dan BPBD Bangka Distribusikan Air Bersih Bagi Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: