Pemkab Bangka Apresiasi Mada Fest 2024 yang Bangkitkan Ekonomi Wisata

Pemkab Bangka Apresiasi Mada Fest 2024 yang Bangkitkan Ekonomi Wisata

--

Pemkab Bangka, Apresiasi Mada Fest 2024, Ekonomi ,Wisata,

//Lomba Lempah Kuning Diharap Dapat Digelar Skala Besar

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemkab Bangka mengapresiasi pelaksanaan even Matras Adat Budaya Bangka Festival (Mada Fest) 2024 yang digelar Rumah Kreatif Matras (Rukem). Festival yang digelar dua hari pada Sabtu-Minggu (29-30/6) di Pantai Matras ini dinilai memberi dampak bagi ekonomi wisata masyarakat.

PJ.Bupati Bangka melalui Staf Ahli Bupati Bangka bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Boy Yandra mengatakan, Mada Fest 2024 membangkitkan ekonomi wisata kawasan Matras yang sempat terpuruk karena Covid-19. Berbagai kegiatan yang digelar juga ikut melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Bangka.

BACA JUGA:Bagi Hasil Pertama Sukuk ESG BSI Akan Dibayarkan September 2024

"Saya atas nama Pemkab Bangka mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Kementerian Keuangan Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah membersamai Kabupaten Bangka dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, dan penguatan ekonomi daerah di sekitar Pantai Matras Sungailiat," kata Boy Yandra mewakili PJ. Bupati Bangka untuk penutupan Mada Fest 2024, Senin (1/7).

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada komunitas Rukem yang telah menginisiasi kegiatan Mada Fest sejak awal. Dalam Mada Fest 2024 digelar berbagai kegiatan untuk mengangkat budaya Kabupaten Bangka seperti festival layangan, lomba masakan lempah kuning, dan lomba mewarnai.

BACA JUGA:Gasak Speaker Pedagang Buat Beli Sabu, Residivis Kejar-kejaran dengan Buser Naga

"Hal ini baik sekali yang mana ini dapat dikembangkan untuk pariwisata kita dan orang luar bisa mencicipi kuliner di Kabupaten Bangka. Apalagi khusus lomba kuliner lempah kuning melibatkan juri dari Putri Kuliner Indonesia 2023 asal Provinsi Riau," katanya.

Selian itu pihaknya mengapresiasi dukungan Dinas Pariwisata Babel dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka yang telah mendukung Mada Fest 2024. Ia harap Masa Fest kedepan diberi dukungan dari sisi pendanaan supaya semakin meriah kedepannya.

BACA JUGA:Gasak Speaker Pedagang Buat Beli Sabu, Residivis Kejar-kejaran dengan Buser Naga

Menurutnya, Mada Fest yang digelar dapat menggerakkan sektor perekonomian hingga menjadi multi efek bagi sektor lainnya. Mengingat ekonomi wisata di Kabupaten Bangka ikut berperan penting dalam mendukung percepatan ekonomi daerah.

"Upaya Mada Fest ini meningkatkan UMKM kita, terutama ekonomi masyarakat Matras. Hal ini positif sekali, apa dilakukan anak muda dari Komunitas Rukem dengan kreativitas anak mudanya  membuat Matras lebih dikenal lagi," terangnya.

BACA JUGA:Tak Kapok 8 Kali Masuk Bui, Rian Kembali Ditangkap Usai Mencuri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: