Di Era Digital, Pilih Work From Home (WFH) atau Work From Office (WFO) ?

Di Era Digital, Pilih Work From Home (WFH) atau Work From Office (WFO) ?

--

BABELPOS.ID, Era digital telah merevolusi berbagai aspek kehidupan, termasuk cara kita bekerja. Work From Home (WFH) menjadi salah satu fenomena yang semakin marak di era ini, didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, seorang karyawan tidak diharuskan untuk bekerja di kantor, tetapi bisa di mana saja termasuk di rumah. 

WFH mulai menjadi populer secara global sejak awal pandemi COVID-19 pada tahun 2020. Pembatasan sosial dan penutupan kantor memaksa banyak perusahaan untuk mengadopsi model kerja jarak jauh. Seiring waktu, banyak organisasi menemukan manfaat dari WFH, seperti peningkatan fleksibilitas dan pengurangan biaya operasional, yang membuat praktik ini terus populer bahkan setelah pembatasan dilonggarkan. Pada tahun 2021 pasca pandemi berakhir, Ruang Kerja melakukan survei terhadap karyawan untuk memilih sistem kerja dan tercatat 43,2% memilih bekerja dari rumah (WFH) dan 17,3% memilih bekerja di kantor atau Work From Office (WFO).

Baik WFH maupun WFO memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam hal membangun cakap digital. Pada akhirnya, pilihan yang paling efektif tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu karyawan, budaya, dan struktur organisasi.

Keunggulan WFH dalam Membangun Cakap Digital:

Meningkatkan penggunaan alat digital

Bekerja dari rumah mendorong penggunaan alat komunikasi digital seperti email, konferensi video, dan platform kolaborasi online secara intensif. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan digital karyawan dan membantu mereka menjadi lebih cakap dalam menggunakan teknologi.

Meningkatkan fleksibilitas belajar

WFH memungkinkan karyawan untuk belajar mandiri dan mencari solusi untuk masalah mereka sendiri. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan mendorong mereka untuk terus mengembangkan keterampilan digital mereka.

Meningkatkan keseimbangan antara kerja dan kehidupan

WFH dapat memberikan fleksibilitas waktu kerja yang lebih besar, memungkinkan karyawan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka dengan lebih baik. Hal ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan motivasi yang dapat berdampak positif pada pembelajaran dan pengembangan keterampilan digital. 

Keunggulan WFO dalam Membangun Cakap Digital:

Memudahkan komunikasi dan kolaborasi 

Bekerja di kantor memungkinkan interaksi langsung dan tatap muka dengan rekan kerja yang dapat memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi yang lebih efektif. Hal ini dapat membantu karyawan untuk belajar dari satu sama lain dan mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal karyawan.

Memberikan akses ke sumber daya dan pelatihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: