Ada Perusahaan Baru Mau Keruk Air Kantung, Ini Respon Masyarakat

Ada Perusahaan Baru Mau Keruk Air Kantung, Ini Respon Masyarakat

Saidil Maulana.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Diduga adanya perusahaan baru yang mengajukan pengerukan di muara Air Kantung Sungailiat menimbulkan keresahan. Pasalnya, kunjungan Forkopimda Babel beberapa waktu lalu yang dianggap menjadi harapan jelas solusi pengerukan muara Air Kantung Sungailiat bisa saja malah kembali ada masalah.   

Situasi yang terjadi sekarang tersebut mendapat sorotan dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka dan pihak terkait setempat. Sekretaris HNSI Kabupaten Bangka, Saidil Maulana, menyatakan informasi yang diterima dan hasil penelusuran HNSI terdapat dua perusahan yang diduga mengklaim dapat izin pengerukan di muara Air Kantung. 

BACA JUGA:TP PKK Kep. Babel Sosialisasikan Pendidikan Gizi bagi Kader Pengelola PMT

Sebelumnya, pengerukan telah diberi wewenang kepada PT Pulomas yang beberapa waktu lalu telah ditegaskan PJ Gubernur Babel bersama Forkopimda Babel ketika berkunjung ke Muara Air Kantung. Namun belakangan hadir perusahaan yang disebut atas nama PT Hartadi Putra Bangka

"Kehadiran perusahaan (PT Hartadi Putra Bangka) sebagai bentuk "provokasi" yang membuat buyar fokus pemulihan kondisi penanganan pengerukan muara Sungailiat," kata Saidil Maulana kepada Babel Pos, Senin (6/5).

BACA JUGA:Gerakan Peduli Lingkungan: PLN Gotong Royong Bersihkan Pantai Tanjung Pendam untuk Konservasi Ekosistem

Ia terangkan berdasarkan hasil pengecekan pihaknya lewat sistem OSS RBA (Risk Based Approach), salah satu perusahaan yakni PT. Hartady Putra Bangka mengambil jenis badan usaha PT Perseorangan dengan kegiatan pengerukan dan tidak mencantumkan koordinat lokasi usaha, hanya mencantumkan luasan saja yakni seluas 449 Ha dengan lokasi kegiatan pengerukan dicantumkan di hutan tanpa koordinat. 

"Hal ini kami kemukakan ke publik sebagai bentuk informasi agar dapat diketahui bersama. Sehingga yang dibutuhkan saat ini tindakan intervensi pemerintah untuk segera melakukan sterilisasi gangguan "provokasi" di wilayah perairan Air Kantung," kata Saidil Maulana.

BACA JUGA:Dandim Basel Berganti, Letkol Arh Sebmy Setiawan Pimpin Makodim/0432

Senada dengan Saidi Maulana, Ketua 1 Forum Masyarakat Nelayan Pesisir dan sekitarnya Kabupaten Bangka Kabupaten Bangka, Heri Ramadhani menambahkan pengerukan muara Air Kantung menyangkut kepentingan masyarakat banyak terutama nelayan. Mengingat banyaknya perusahaan yang sempat mengajukan perizinan beberapa waktu lalu malah membuat kisruh dan persoalan pengerukan terhambat. Jadi, kehadiran perusahaan baru dikhawatirkan menghambat proses pengerukan perusahaan yang sebelumnya telah mendapat perizinan pengerukan.

BACA JUGA:Gerakan Peduli Lingkungan: PLN Gotong Royong Bersihkan Pantai Tanjung Pendam untuk Konservasi Ekosistem

"Ini untuk percepatan tindakan pemulihan kondisi muara dan mengawal penuh pekerjaan pengerukan yang sedang dilakukan oleh pihak perusahaan yang sudah ditunjuk oleh Forkopimda Babel dan Pemda Bangka," ujar Heri Ramadhani.

Terkait informasi ini sejumlah pihak terkait masih diupayakan Babel Pos konfirmasinya.(trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: