Awali Musim Tanam Padi, Poktan Sinar Bone Gelar Doa Bersama

Awali Musim Tanam Padi, Poktan Sinar Bone Gelar Doa Bersama

Doa bersama Bubak Bumi Desa Rias.--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Sinar Bone dusun SPA Desa Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar doa bersama Bubak Bumi sebelum memasuki musim tanam.

Terlihat dalam doa bersama ini kalangan ibu - ibu, para petani, muda - mudi dusun SPA dan anak - anak begitu antusias mengikuti kegiatan yang rutin dilaksakan saat memasuki musim tanam padi.

Ketua Poktan Sinar Bone Samsung menyebutkan, bahwa kegiatan doa bersama ini sebagai wujud rasa syukur atas limpahan hasil panen padi serta sebagai bentuk meminta kepada yang maha kuasa dijauhkan dari segala bentuk hama.

"Ini sebagai bentuk rasa syukur dan meminta kepada yang maha kuasa semoga pada masa tanam ini bisa dijauhkan dari hama," ucapnya, Senin (29/04).

BACA JUGA:Ratusan Layang-layang Hiasi Langit Sawah Rias

BACA JUGA:Fenomena El Nino Sawah Banyak Kekeringan, DPPP Basel Atur Pengelolaan Air

Dikatakan Samsul bahwa tradisi Bubak Bumi adalah tradisi yang dilakukan para petani dalam mengawali musim tanam. Doa bersama ini dilaksanakan untuk memohon kepada Allah SWT agar selama musim tanam para petani ini dijauhkan dari segala macam persoalan seperti datangnya hama.

Bubak Bumi adalah tradisi turun temurun sejak tahun 1987 dari nenek moyang agar benih yang disemai selamat dari serangan hama dengan harapan akan mendapat hasil sebagaimana yang diharapkan oleh para petani.

"tradisi yang sudah turun temurun ini juga digunakan sebagai perekat rasa persaudaraan para kelompok tani sinar Bone," jelasnya.

"Saya berharap kepada teman - teman petani ttap menjaga sinergitas dan persatuan yang penting dijaga agar setiap permasalahan yang mungkin terjadi dalam proses pertanaman padi dapat diselesaikan bersama dengan jalan mufakat," tambahnya. (*)

BACA JUGA:Hama Blas Serang Sawah Rias, Petani Terancam Gagal Panen

BACA JUGA:Pemkab Basel Tak Cetak Sawah Tahun 2023, Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: