Kemenag Babel Siap Beri Pelayanan Satu Atap Bagi 1112 Calon Jemaah Haji Babel Tahun 2024

Kemenag Babel Siap Beri Pelayanan Satu Atap Bagi 1112 Calon Jemaah Haji Babel Tahun 2024

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kanwil Kemenag Babel, Kabupaten/Kota, pemerintah daerah dan seluruh pihak terkait siap berkomitmen mensukseskan seluruh rangkaian pelayanan paripurna kepada total jamaah haji termasuk petugas haji Babel pada keberangkatan tahun 1445H/2024M .

Dan sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Penyelenggaraaan Haji dan Umrah No 185 tahun 2023 tentang layanan satu atap. Layanan ini akan diberikan kepada jemaah baik di asrama haji embarkasi maupun asrama haji antara, baik pada masa keberangkatan maupun masa pemulangan.

Komitmen inilah yang juga akan semaksimal mungkin diberikan untuk melayani para tamu Allah Swt dari Provinsi Bangka Belitung tahun keberangkatan 1445H/2024M yang berjumlah 1112 jamaah haji.

Jamaah Haji asal Babel terdiri atas jamaah kloter 4 dengan asal jamaah asal Kota Pangkalpinang 281orang, Kabupaten Bangka 159 jamaah, Bangka Tengah 2 jamaah, PHD 3 orang, KBHIU 1 orang, dan petugas kloter 5 orang. Sehingga total 450 jamaah ini akan mulai masuk Asrama Haji Babel pada 14 Mei 2024 dan diterbangkan menuju Embarkasi Haji Palembang selanjutnya menuju Arab Saudi pada 15 Mei 2024.

Jamaah haji Kloter 5 yang terdiri dari atas jamaah haji Kabupaten Bangka 154 jamaah, Bangka Tengah 149 jamaah, Bangka Selatan 132 jamaah, Bangka Barat 6 jamaah, PHD 3 orang, KBIHU 1 orang dan petugas 5 orang. Sehingga total  450 jamaah haji ini akan masuk Asrama Haji Babel pada 16 Mei 2024 dan akan diterbangkan menuju Embarkasi Haji Palembang selanjutnya menuju Arab Saudi pada 17 Mei 2024

Sedangkan jamaah haji kloter 6 yang terdiri atas jamaah haji Kota Pangkalpinang 1 jamaah, Kabupaten Bangka Barat 137 jamaah, Kabupaten Belitung 62 jemaah, Kabupaten Belitung Timur 19 jamaah, PHD 3 orang, petugas kloter 1 orang. Sehingga total jamaah haji 223 orang ini akan masuk ke Asrama Haji Babel pada 17 Mei 2024 selanjut diterbangkan menuju Embarkasi Haji Palembang pada 17 Mei 2024 selanjut menuju Arab Saudi pada 18 Mei 2024.

Plt.Kanwil Kemenag Babel, H.Firmantasi didampingi Kabid PHU Kanwil Kemenag Babel, H.Rebuan saat menggelar acara Rapat Koordinasi Keberangkatan Musim Haji Babel 1445H/2024M di Asrama Haji Babel, Kamis,(26/04/2024) kemarin.

Rapat ini dibuka langsung oleh Asisten III Gubernur Babel, Yunan Helmi dan dihadiri Bidang Kesra Pemerintah Provinsi Babel, Kemenag kabupaten/ kota, Bea Cukai, Angkasa Pura, PPIH, Balai Karantina Kesehatan Pangkalpinang, Imigrasi Klas 1 Pangkalpinang, PPIH, maskapai dan perbankan.

Plt.Kanwil Kemenag Babel, H.Firmantasi lebih lanjut menjelaskan bahwa rapat ini penting dilaksanakan dalam rangka pemantapan kerjasama untuk melayani tamu Allah Swt di musim haji 1445H/2024M yang juga merupakan program nasional.

"Alhamdulilah pelayanan jamaah haji Babel dalam kurun waktu 3 tahun ini sudah semakin efektif dan efisien melalui Asrama Haji Babel.Namun demikian berbagai  kelemahan dan kekurangan yang masih ada akan terus diperbaiki terutama untuk layanan bagi jamaah disabilitas maupun lansia dalam hal kebutuhan makanan hingga seragam. 

Sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat melalui Dirjen Penyelenggaraaan Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia bahwa untuk keberangkatan jamaah haji Indonesia 1445H yang juga sangat memperhatikan untuk kesiapan isti'toah kesehatan para jamaah.

Ia juga memastikan bahwa seluruh jamaah haji Babel akan mendapatkan pelayanan yang terbaik yakni melalui pelayanan satu atap dan berhak menerima pelayanan untuk penempatan tas bagasi dan kabin, pemberian label pada tas kabin, mendapatkan pemeriksaan akhir kesehatan jemaah haji, menerima layanan penyerahan SPMA dan bukti lunas BPIH, penyerahan kartu kokarde dan kartu makan serta kartu, penempatan kamar, penyerahan gelang identitas, penyerahan paspor, visa, boarding pass, dan lembar tanda terima living cost hingga layanan penyerahan living cost.

Firmantasi optimis, dengan koordinasi yang baik dan solid secara intens dari semua pihak yang terlibat dalam pelayanan pemberangkatan musim haji hingga kepulangan jamaah haji 1445H/2024M, maka akan semakin memudahkan para pihak tersebut semakin memahami tugas dan fungsinya masing-masing.

“Makanya dengan melakukan koordinasi secara intens yang kita lakukan akan sangat penting, supaya nanti apa saja yang mereka butuhkan termasuk menyangkut fasilitas yang ada di asrama haji ini bisa berkoordinasi dengan pihak Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Babel, karena intinya semuanya sudah siap untuk mensukses penyelengaraan ibadah haji 1445H/2024M,”harap Firmantasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: