Waspada Cuaca Panas Bagi Penderita Diabetes, Ini 8 Tipsnya

Waspada Cuaca Panas Bagi Penderita Diabetes, Ini 8 Tipsnya

Ilustrasi panas--Foto: ist

BABELPOS.ID - Cuaca panas tidak hanya berisiko tinggi mengalami dehidrasi karena sering buang air kecil, namun juga kesulitan mendinginkan tubuh, khususnya pada penderita diabetes. 

Ditulis laman Hindustan Times, Kamis (18/4), panas dan kelembapan dapat berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Beberapa obat yang digunakan untuk menangani diabetes dapat memengaruhi respons tubuh terhadap panas atau meningkatkan risiko dehidrasi.

Bhama Ponmani Konsultan dan Ahli Diabetes Pusat Spesialis Diabetes Dr. Mohan berbagi tips penting untuk tetap terhidrasi dan sehat selama cuaca panas.

BACA JUGA:2 Hal yang Harus Dipahami Penderita Diabetes yang Mau Pengobatan Herbal

BACA JUGA:Diabetes Tak Bisa Disembuhkan, Tapi...

1. Pantau tingkat hidrasi

Awasi status hidrasi Anda dengan memeriksa warna urin (kuning pucat menunjukkan hidrasi yang cukup) dan pantau tingkat rasa haus. Usahakan untuk minum lebih banyak cairan dari biasanya selama gelombang panas.

2. Minum banyak air

Air adalah teman terbaik Anda di cuaca panas. Usahakan untuk minum setidaknya 8-10 gelas air per hari dan tingkatkan asupan jika Anda lebih banyak berkeringat karena suhu tinggi atau aktivitas fisik.

3. Hindari minuman yang menyebabkan dehidrasi

Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi, serta minuman beralkohol dan minuman ringan. Ini dapat menyebabkan dehidrasi dan juga dapat mempengaruhi kadar gula darah.

BACA JUGA:Penderita Diabetes Boleh Makan Apa Saja, Tapi...

BACA JUGA:Penderita Diabetes Ingin Konsumsi Nasi Putih, Begini Caranya

4. Makan makanan yang menghidrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara