Peduli Cagar Budaya, Yonif 147/KGJ Karya Bhakti Bersihkan Pesanggrahan Menumbing

Peduli Cagar Budaya, Yonif 147/KGJ Karya Bhakti Bersihkan Pesanggrahan Menumbing

Pesanggrahan Menumbing di Mentok, Kab. Bangka Barat--

BABELPOS.ID, MENTOK - Prajurit Kipan A Yonif 147/KGJ beserta Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Barat  melaksanakan karya bhakti gotong-royong pembersihan Pesanggrahan Menumbing MENTOK Kabupaten Bangka Barat Jumat (8/3/2024)

Bangunan Pesanggrahan Menumbing yang terletak di Mentok dibangun pada masa Hindia Belanda tahun 1927 dan telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, yang pada masa perjuangan kemerdekaan pernah dijadikan tempat pengasingan bagi beberapa tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia diantaranya Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Sutan Sjahrir.

BACA JUGA:Ini 45 Nama Caleg Peraih Suara Tertinggi DPRD Babel

Sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian nilai sejarah dan warisan budaya tersebut, Prajurit Yonif 147/KGJ beserta Dinas Pariwisata Bangka Barat dengan suka cita melaksanakan Karya Bhakti pembersihan di sekitar bangunan Pesanggrahan Menumbing. Lumut - lumut di dinding dan bagian atas bangunan menjadi sasaran pembersihan kali ini, kegiatan ini dilaksanakan agar bangunan bersejarah tersebut menjadi bersih, terawat serta dapat tetap menjadi destinasi wisata sejarah di wilayah Bangka Barat.

BACA JUGA:Kasus Timah, Rumah HL Digeledah, Tim Penyidik Sita Uang Tunai Rp10 Miliar & SGD 2 Juta

Danyonif 147/KGJ Mayor Inf Yokki Firmansyah menyampaikan bahwa kegiatan yang baik ini sebagai wujud nyata prajurit Yonif 147/KGJ selalu hadir di tengah masyarakat guna mewujudkan kemanunggalan TNI - Rakyat.

"Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat memelihara nilai sejarah bangsa serta dapat memberikan contoh bagi semua pihak bahwasannya karya bakti atau gotong-royong merupakan warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan agar tidak luntur ditelan zaman,"ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pesanggrahan menumbing