Sepekan Jelang Puasa, Dandim Basel Ikut Turun Pantau Harga Bapok di Pasar

Sepekan Jelang Puasa, Dandim Basel Ikut Turun Pantau Harga Bapok di Pasar

Dandim 0432/Basel meninjau stok dan harga sembako di Pasar Toboali jelang Puasa Ramadan. --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Menjelang Ramadhan biasanya kebutuhan bahan pokok mengalami kenaikan harga, bahkan terkadang sulit dicari dipasaran.

Guna menstabilkan serta mencegah penimbunan yang dilakukan oleh oknum tertentu, Dandim 0432/Basel bersama jajaran Pemkab Basel tinjau langsung ke Pasar Toboali, pada Minggu pagi (03/03).

Dandim 0432/Basel Letkol Inf Gani Rachman mengatakan, pihaknya bersama Pemkab Basel serta dinas terkait turun langsung ke pasar Toboali guna meninjau harga serta stok bahan pokok.

"Kita lakukan ini sebagai bentuk tindak lanjut dari keluhan masyarakat yang bilang bahwa ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan signifikan," ungkapnya.

BACA JUGA:Minta Maaf Banyak Warga Tidak Kebagian Beras Pasar Murah, Ini Penjelasan Anshori

BACA JUGA:Besok Operasi Pasar Murah di Himpang 5, Pemkab Basel Siapkan 1,5 ton Beras Premium, Dijual Segini

Adapun hasil pengecekan di pasar Toboali ini terdapat 3 jenis sembako yang mengalami kenaikan seperti beras, gula, serta telur yang rata-rata naik antara 15 persen sampai dengan 20 persen, yang dinilai cukup signifikan mengalami kenaikan menjelang Ramadhan.

Upaya lainnya yang dilakukan adalah dengan turun langsung ke pasar setiap empat hari sekali untuk memantau harga serta stok menjelang ramadhan yang biasanya ada beberapa bahan pokok yang sudah dicari serta stabilisasi harga.

"Kami tetap berharap agar para pedagang tidak melakukan penimbunan ataupun menaikkan harga dengan sesuka hati, dan nantinya dalam waktu dekat Pemkab Basel juga gelar pasar murah," tandasnya.

BACA JUGA:Harga Beras di Toboali Naik, Warga: Harga Naik, Ekonomi Sulit

BACA JUGA:Harga Beras Beranjak Naik, Ini Kata Dkukmindag Basel

Sementara itu, Kepala Dinas DKUKMINDAG Basel Ansyori menyampaikan, setiap hari pihaknya melakukan zoom meeting untuk pemantauan inflasi dan salah satu agendanya adalah pemantauan stok serta harga Bapok saat menjelang Ramadhan.

"Terlebih lagi, beras menjadi lokus kita yang memang untuk saat ini harga naik, namun masih bisa ditekan untuk turun dan juga dalam waktu dekat akan dilakukan operasi pasar murah," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Permintaan Beras Lokal Meningkat Hingga 30 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: