Peringati HPSN, PJ Bupati Haris Ajak Kelola Sampah Mulai dari Keluarga

Peringati HPSN, PJ Bupati Haris Ajak Kelola Sampah Mulai dari Keluarga

Pj Bupati Haris menyapa pelajar yang mengikuti lomba mewarnai HPSN 2024.--Foto: Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, dengan tema “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif”, bertempat halaman Kantor DLH Bangka, pada hari Kamis (29/02/2024) pagi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj Bupati Bangka M. Haris AR, AP, MH, dan dihadiri Sekda Bangka Drs. Andi Hudirman, seluruh kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Penjabat Bupati Muhammad Haris mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan HPSN Tahun 2024 yang mengangkat tema sampah plastik.

BACA JUGA:Info untuk Warga Sungailiat! Ini Lokasi Kontainer Buang Sampah

BACA JUGA:Bak Sampah Sungailiat Dirobohkan, Warga Bingung, Ternyata Ini

Menurutnya limbah plastik tidak hanya menjadi masalah di Kabupaten Bangka, tapi seluruh dunia. Oleh karena itu, perlu berbagai cara mengatasi permasalahan itu, termasuk dengan peringatan HPSN.

"Kadang-kadang masyarakat memang harus diingatkan. Kita sudah menyiapkan tiga jenis tong sampah seperti sampah organik, non organik dan sampah plastik, itu juga masyarakat atau kita semua masih juga membuang sampah sembarangan," imbuhnya

Karenanya Haris mengajak semua pihak untuk memulai mengelola sampah dari keluarga sendiri, kemudian baru kampanye ke lingkungan masyarakat.

BACA JUGA:Anak-anak TK dan KB Aisyiyah Sungailiat Pungut Sampah di Pantai Matras

BACA JUGA:Biologi UBB Sukses Gelar Pengabdian, Inisiasi Bank Sampah Hingga Budidaya Maggot

Sementara itu, Kepala DLH Bangka, Ismir Rachmaddinianto, S.STP menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk perhatian yang serius dari Pemerintah Kabupaten Bangka dengan melibatkan seluruh perusahaan, OPD, dan sekolah sekolah yang ada di lingkup Pemerintahan Kabupaten Bangka untuk menangani sampah.

"Mari jadikan sampah plastik sebagai penghasilan ekonomi yang produktif dengan pengekelolaan yang baik, dengan mengubah limbah plastik menjadi sesuatu yang bernilai,” ujar Ismir.(*)

BACA JUGA:Bhabinkamtibmas Desa Sempan Bripka Nomo Pratomo, Sang Penggagas Sedekah Sampah

BACA JUGA:HPSN 2023, Boy: Momentum Kelola Sampah Bernilai Ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: