Sekda Mie Go Buka Seleksi Paskibraka Pangkalpinang 2024, Ini Tahapan-tahapan Seleksinya

Sekda Mie Go Buka Seleksi Paskibraka Pangkalpinang 2024, Ini Tahapan-tahapan Seleksinya

Seleksi calon Paskibraka Kota Pangkalpinang.--Foto: Julian

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Pangkalpinang tahun 2024 resmi dibuka, Senin (26/2). Tercatat, ada sebanyak 216 siswa peserta yang dinayatakan lulus pada tahapan administrasi, terdiri dari 127 peserta putra dan 89 peserta putri.

Seremoni pembukaan seleksi ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Mie Go di ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang. Hadir juga para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, Kepala Kesbangpol Donal Tampubolon beserta jajaran, Kepala SMA/SMK/MAN se-Pangkalpinang, Tim Seleksi/Juri, Panitia Pelaksana hingga Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pangkalpinang.

Dalam sambutan, Sekda sekaligus Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Paskibraka Pangkalpinang menyampaikan bahwa Paskibraka merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila, seperti tertuang dalam Peraturan Presiden No 51 Tahun 2022. 

"Selain memiliki tugas utama mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka Negara dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia baik di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, anggota Paskibraka yang terpilih akan menjalani pembinaan kepemimpinan, keterampikan, dan kedisiplinan dengan nilai kebangsaan, cinta Tanah Air, persatuan dan kesatuan, dan peningkatan wawasan kebangsaan," ungkap Mie Go.

BACA JUGA:Seleksi Paskibraka Pangkalpinang 2024 Dimulai : Cek Tata Cara Pendaftaran dan Syaratnya

BACA JUGA:Anggota Paskibraka Pangkalpinang Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Semangat Berpancasila

Begitupun proses Paskibraka, Mie Go menambahkan, merupakan salah satu unsur yang memberikan dukungan terhadap kepentingan pembangunan dan pendidikan karakter bagi bangsa Indonesia. 

"Pemkot Pangkalpinang dalam hal kegiatan yang berkaitan dengan Paskibraka selalu support terbaik agar berbagai kegiatannya dapat terlaksana, salah satunya proses seleksi ini hingga berkesinambungannya kegiatan Paskibraka melalui Kesbangpol Pangkalpinang serta OPD-OPD lainnya," tuturnya.

Dalam proses seleksi ini juga, Kepala Kesbangpol Pangkalpinang Donal Tampubolon menyampaikan bahwa Pemkot Pangkalpinang membuka kesempatan bagi putra putri terbaik bangsa untuk menjadi kader calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila dalam wadah Paskibra.

"Proses seleksi paskibraka 2024 sudah dilaksanakan dengan sosialisasi baik melalui berita online, surat menyurat serta menginformasikan ke pihak sekolah dan jajarannya sehingga ada antusiasme terkait syarat-syaratnya," jelasnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Suganda Sambut Kedatangan Paskibraka Nasional 2023 Perwakilan Babel

BACA JUGA:Kobarkan Semangat Bangsa, BRI Beri Dana Apresiasi Untuk Paskibraka Nasional

Adapun tahapan-tahapan seleksinya di tingkat Kota Pangkalpinang diantaranya pendaftaran online melalui Aplikasi BPIP RI (5-18 Februari), seleksi Administrasi (20-23 Februari) hingga tes yang meliputi, PIP kebangsaan, kssehatan, parade, PBB, kesamaptaan hingga kepribadian. "Pengumumannya melalui online aplikasi/akun peserta pada tanggal 25-26 Maret 2024," katanya.

Disampaikan ia juga, bahwa dalam seleksi Paskibraka Pangkalpinang ini akan diambil sebanyak 36 peserta yang terpilih dengan rincian 20 Putra dan 16 Putri. "Untuk sampai terpilih 36 tersebut, peserta seleksi harus melalui tahapan awal dalam proses seleksi, peserta harus memperhatikan, mempersiapkan serta memenuhi beberapa berkas dan persyaratan Paskibraka 2024," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: