Ketagihan Maling Rumah Kosong, Datang Lagi, Nah, Kali ini Kepergok

Ketagihan Maling Rumah Kosong, Datang Lagi, Nah, Kali ini Kepergok

Pelaku yang Diamankan Beserta Barang Bukti.-Dok-

BABELPOS.ID.- PANGKALPINANG - Seorang pria ditangkap warga usai kepergok membobol sebuah rumah yang sudah lama ditinggal pemiliknya di Jalan Solihin GP Kelurahan Asam Kecamatan Rangkui Kota Pangkalpinang.

Kini pria yang diketahui bernama Yanto (37) alias Santo, warga Kelurahan Sriwijaya Kecamatan Grimaya Kota Pangkalpinang itu harus mendekam di sel tahanan Polresta Pangkalpinang.

"Kejadiannya pada Sabtu (6/1/2024) sekira pukul 15.00 WIB. Usai ditangkap warga, Yanto pun lalu diserahkan ke Tim Buser Naga Polresta Pangkalpinang untuk diamankan," ungkap Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang, Kompol Evry Susanto kepada Babel Pos, Minggu (7/1/2024).

Evry menerangkan, kejadian dugaan tindak pidana pencurian ini bermula saat saudara pemilik rumah mengecek rumah korban, yang mana rumah tersebut sudah lama tidak dihuni dikarenakan pemilik rumah sedang berada di Jakarta.

BACA JUGA:Maling tak Selamanya Indah, Kecapean Nyuri Malah Tertidur di Rumah Korban

Kata Evry, pengecekan dilakukan  secara rutin dikarenakan sekitar pertengahan bulan Desember 2023 lalu, saudara pemilik rumah menyadari bahwa tandon air yang ada di rumah tersebut telah hilang dicuri.

"Jadi saudara pemiliK rumah berinisiatif kembali mengecek rumah tersebut. Saat membuka pintu, terlihat pelaku sedang membuka wastafel alumunium. Melihat kejadian tersebut, saudara korban dengan rekannya bersama warga sekitar langsung mengamankan dan menyerahkan pelaku ke pihak Kepolisian," beber Evry.

Setelah menerima informasi warga, lanjut Evry,  Tim Buser Naga Polresta Pangkalpinang langsung menuju ke lokasi untuk mengamankan pelaku. Saat diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya.

"Berdasarkan keterangan pelaku, pelaku masuk rumah korban melewati pintu belakang yang dalam keadaan tidak terkunci, lalu pelaku masuk ke dalam rumah dan berhasil membuka empat buah besi tralis ventilasi dan dua dua buah wastafle almunium menggunakan beberapa alat yang disiapkan sebelumnya, namun belum sempat kabur, pelaku berhasil di amankan oleh warga sekitar," kata Evry.

Lanjut Evry, setelah dilakukan pengembangan lebih lanjut, ternyata pelaku juga mengakui bahwa dua minggu sebelumnya juga sempat mencuri dirumah tersebut. Saat itu, pelaku berhasil menggondol satu.

BACA JUGA:Jadi Maling Karena Narkoba, Ketagihan Nyabu, Nyuri Lagi

buah tedmond ukuran 1100 liter bewarna biru dan satu set pintu tralis.

Setelah berhasil mengeluarkan barang dari dalam rumah korban, kata Evry pelaku langsung membawa barang tersebut menggunakan satu unit mobil pick up warna hitam, yang saat ini masih dalam pencarian.

"Untuk satu buah tedmon ukuran 1100 warna biru dijual dengan seseorang di daerah Tayib seharga Rp400 ribu, sedangkan untuk satu buah pintu tralis dijual diburukan Pedindang seharga Rp80 ribu," ungkap Evry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: