PLN Salurkan TJSL Bantuan Kelompok Rentan Bersama Srikandi dan YBM

PLN Salurkan TJSL Bantuan Kelompok Rentan Bersama Srikandi dan YBM

Peserta Pelatihan saat melakukan praktik pijat pengobatan yang di pandu oleh nara sumber dari kementerian sosial--

//Gelar Pelatihan Keterampilan Pijat Pengobatan untuk Disabilitas

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) melalui Srikandi PLN dan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Babel baru-baru ini menyalurkan bantuan bagi kelompok rentan berupa pelatihan keterampilan pijat pengobatan disabilitas penyandang tuna netra yang tergabung dalam komunitas Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Babel di komplek perkantoran Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Narasumber pelatihan ini didatangkan langsung dari tim kementerian dinas sosial. Pelatihan keterampilan yang dikhususkan untuk tuna netra ini, merupakan kelanjutan dari pelatihan yang pernah PLN dan ITMI Babel lakukan pada tahun 2021 yang lalu. Sedangkan untuk pelatihan yang dilakukan saat ini bertujuan untuk menambah keterampilan pijat pengobatan seperti terkilir, pijat untuk memperlancar peredaran darah dan pengobatan lainnya.

BACA JUGA:Simulasi Pemilu Serentak 2024 di Bangka Barat, Ini Kata Bupati Sukirman

Koordinator Perencanan Program YBM PLN Babel, Septa Aryo menyampaikan, YBM PLN melalui dana zakat dari muzakki (pegawai PLN) terus berupaya menyalurkan zakat agar bermanfaat bagi yang membutuhkan sebagaimana program bantuan pelatihan keterampilan pijat untuk penyandang disabilitas ini.

“Salah satu bentuk nyata komitmen YBM PLN adalah menebarkan manfaat bagi mustahik (penerima zakat sesuai asnaf) untuk terus mengantarkan kebahagiaan. Bukan hanya program ini saja, tapi juga program lain juga yang bertujuan untuk kesejahteraan mustahik sesuai dengan visi dan misi YBM PLN tujuannya adalah mewujudkan mustahik menjadi muzakki," ungkap Septa.

BACA JUGA:Ramai Nama Aplikasi di Diskominfo, Febry : Sudah Diperbaiki, Tugas Saya Melayani Media Sebaik Mungkin

Srikandi Champion PLN Babel yang diwakili oleh Wakil Srikandi Champion PLN Babel, Yusmarti  menjelaskan bahwa program Srikandi PLN Movement adalah bagian dari program kerja Srikandi dalam Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN untuk masyarakat rentan. Program ini juga digagas sebagai aksi nyata komunitas pegawai perempuan PLN dari Sabang sampai Merauke dalam kegiatan pengembangan diri sebagai perempuan tangguh dan juga aksi sosial guna membangun interaksi dengan masyarakat.

“Selain kegiatan hari ini, Srikandi PLN Babel sudah menyalurkan beberapa bantuan seperti program listrik gratis untuk kelompok rentan, bantuan paket gizi stunting, bantuan nelayan perempuan dan Srikandi Goes To School. Srikandi PLN terus berkomitmen dan terus berkolaborasi dengan semua pihak untuk melibatkan diri dalam aksi sosial kemasyarakatan," sebut Yusmarti.

BACA JUGA:Motivasi ke Kader IMM, Bambang Patijaya: Qui Ascendit Sine Labore, Descendit Sine Honore

Dalam sambutannya saat membuka pelatihan mewakili General Manager PLN UIW Babel, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum yang juga merupakan Pembina YBM PLN Babel, Anton Wahyu Utomo mengatakan bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap kelompok rentan disabilitas untuk meningkatkan perekonomian.

“Pemberdayaan penyandang disabilitas yang merupakan salah satu kelompok rentan perlu mendapat perhatian lebih dari kita, dengan kekurangannya mereka masih tetap semangat beraktifitas dan berikhtiar dalam menjemput rezeki dari Allah Subhanawatala untuk meningkatkan perekonomiannya," sebut Anton

BACA JUGA:Ketat! Arsenal Pertahankan Puncak di Kandang Liverpool

Ia juga menyampaikan agar 20 orang peserta pelatihan keterampilan pijat ini untuk bersungguh-sungguh dalam  mengikuti pelatihan yang diselenggarakan selama 7 hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: