Tekan Inflasi Tinggi Jelang Nataru, Pj Gubernur Terbitkan 4 Intruksi Ini ke Bupati dan Wali Kota

Tekan Inflasi Tinggi Jelang Nataru, Pj Gubernur Terbitkan 4 Intruksi Ini ke Bupati dan Wali Kota

Safrizal Zakaria --(Julian)

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Babel), Dr Safrizal ZA menerbitkan intruksi yang ditujukan ke Bupati/Wali Kota se-Babel. Isinya tentang pengendalian inflasi jelang menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Diteken pada 19 Desember 2023, intruksi dengan nomor : 500/148/IV/2023 ini mencatumkan empat poin. Safrizal menilai penting adanya langkah-langkah cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten/Kota (Pemkab/kota).

Untuk itu diinstruksikan kepada Bupati/Walikota se-Babel, ke-satu : melakukan upaya pemantauan secara berkala terhadap kecukupan stok barang kebutuhan pokok dan stabilisasi melalui Operasi Pasar bekerja sama dengan Bulog, Distributor, Pedagang Besar dan Petani/Peternak pada masing -masing daerah.

BACA JUGA:Pj Wako Lusje Cek Stok Sembako, Kendalikan Inflasi Jelang Nataru

BACA JUGA:Pj Gubernur Safrizal ZA Ajak Korpri Berperan Aktif Tangani Inflasi Hingga Stunting

Kemudian kedua, mendorong optimalisasi pelabuhan laut dan udara untuk kelancaran distribusi. Ketiga, menyelesaikan kendala dan peningkatan sarana distribusi BBM dan Gas dan keempat mengimbau masyarakat untuk belanja bijak dalam rangka membentuk ekspektasiatas harga bahan pokok penting dan mengampanyekan tidak boros pangan.

"Empat instruksi ini harus dilakukan secara kolaborasi, sinergi antar semua pemangku kepentingan. Instruksi in dikeluarkan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya," pinta Safrizal.

BACA JUGA:Pemkot Pangkalpinang Panen Sawi dan Selada, Perkuat Program Pengendalian Inflasi

BACA JUGA:TPID Belitung Tempuh Berbagai Sinergi untuk Tekan Inflasi Tanjungpandan

Sebelumnya, Safrizal sudah meresmikan rumah pembibitan atau Nursery Kelompok Tani (Poktan) Timur Makmur di Desa Air Mesu Timur, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (6/12). Nursery perbenihan cabai dan bawang merah dengan sistem soilblock ini merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan).  

Diharapkan melalui rumah pembibitan cabai dan bawang merah akan mengeliatkan lagi penanaman cabai dan bawang merah di Babel serta mengendalikan inflasi sebab cabai ikut mempengaruhi Tingkat inflasi di Babel. Suksesnya pembenihan ini, menurut Safrizal, tak menutup kemungkinan Babel akan menjaga kestabilisasi harga. Ia menargetkan harga cabai pada Mei 2024 turun 50 persen dari harga sekarang yang mencapai Rp 100 ribu.

BACA JUGA:Menjelang Natal dan Tahun Baru, Pemkot Pangkalpinang Siapkan Langkah Kongkrit Pengendalian Inflasi

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi, Pemprov Babel Terus Tingkatkan Sinergi

Strategi jangka menengah untuk pengendalian inflasi yakni segera dieksekusi seperti ekstensifikasi pertanian melalui inisiasi lumbung pangan di Bangka Selatan, Gerakan Tanam Cabai untuk skala rumah tangga dan wajib untuk ASN Pemprov Babel nantinya sebagai percontohan sampai upaya untuk menambah frekuensi penerbangan, paralel strategi jangka pendek melalui aksi konkret secara mikro terus dijalankan seperti pasar murah on the spot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: