Karena Ini, Rias dan Tanjung Ketapang Dipilih Jadi Desa Bersinar

Karena Ini, Rias dan Tanjung Ketapang Dipilih Jadi Desa Bersinar

Jumpa pers penetapan Desa Bersinar oleh BNNK Basel --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka Selatan (Basel) menetapkan Kelurahan Tanjung Ketapang serta Desa Rias Kecamatan Toboali menjadi Desa Bersinar.

Desa Bersinar adalah salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di desa yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah desa bersama dengan masyarakat.

Tujuan ditetapkannya Desa Bersinar ini juga dicanangkan oleh Pemerintah melalui Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan harapan bisa mencegah penyalahgunaan narkoba di daerah itu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BNNK Basel Eka Agustina melalui kepala Bidang P2M Navi Christy Purba pada saat konferensi pers di Kantor BNNK Basel pada, Selasa sore (05/12).

"Desa Rias dan Kelurahan Tanjung Ketapang memang ditetapkan sebagai Desa Bersinar 2023," ujarnya.

BACA JUGA:Kesbangpol Gandeng BNNK Basel, Sosialisasikan Bahaya Narkoba Hingga Desa

BACA JUGA:Ketua Pemuda Muhammadiyah Ajak Jaga Basel dari Narkoba

Adapun indikator penetapan Desa Bersinar ini mulai dari adanya tempat hiburan atau tidak, banyaknya penangkapan kasus narkoba, tempat kost serta seberapa rawannya daerah tersebut.

"Daerah Tanjung Ketapang ini memang sudah terkenal dan memang banyak klien kita ini berasal dari daerah itu," ungkapnya.

Penetapan Desa Bersinar ini juga berdasarkan dari data terbaru per November terkait kerawanan yakni, untuk Desa Rias yang semula masuk Waspada sekarang sudah Siaga. Sedangkan Kelurahan Tanjung Ketapang masuk Waspada. 

Dijelaskannya, salah satu syarat pembentukan Desa Bersinar adalah harus masuk status Siaga dan Waspada. "Kalau statusnya Aman tidak bisa membentuk Desa Bersinar," jelasnya.

BACA JUGA:Desa Tukak Sadai Dikunjungi Tim Penilai Kampung Tangguh Anti Narkoba

BACA JUGA:Pasang Spanduk, Salah Satu Cara Polres Basel Tekan Penyalahgunaan Narkoba

Sedangkan untuk wilayah Airgegas sampai Desa Tepus statusnya sudah berubah Aman. Hal ini diketahui berdasarkan dari data BNN Provinsi bahwa tidak ada penangkapan narkoba di daerah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: