45 UMKM Ramaikan Festival Kuliner Bangka Barat

45 UMKM Ramaikan Festival Kuliner Bangka Barat

--

MENTOK - Sebanyak 45 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ikut festival kuliner, di kawasan Pantai Batu Rakit, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar).

Kegiatan itu diselenggarakan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babar bekerja sama dengan Komunitas Homestay setempat, berlangsung selama dua hari, Sabtu - Minggu (2-3/12/2023).

Selain itu, acara dimeriahkan dengan lomba memasak kue tradisional, serta lomba mewarnai untuk anak-anak. Bupati Bangka Barat Sukirman hadir di kegiatan dan langsung menyicipi masakan para peserta.

Sukirman juga berpesan kepada para pedagang dan pelaku UMKM untuk senantiasa menjaga kualitas dagangan yang disajikan kepada para pembeli dan meningkatkan mengecek produk di tengah masyarakat. 

"Agar dibuat dengan bahan baku yang fresh, dimasak dengan rapi dan cantik, sehingga menggugah selera dan menarik pembeli untuk datang. Silahkan, besok-besok bawa ke pemda bergilir, dari yang jual ketan sambal, jongkongnya, klepon, dan lain-lain juga," ujar Sukirman.

Sukirman juga mengapresiasi acara ini karena dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa profesi berdagang adalah salah satu pekerjaan yang mulia. 

"Jadi, kita jaga dan sama-sama berdagang, karena berdagang itu diperintahkan sendiri oleh Rasul. (Berdagang) itu profesi paling nyaman," sebutnya.

Sedangkan, Kadisbudpar Bangka Barat, Muhammad Ali mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menggelar serangkaian pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pegiat usaha ekonomi kreatif.

“Kami memang baru saja menyelesaikan pelatihan yang kesembilan tahun ini. Yaitu pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner di destinasi wisata. Jadi, hari ini langsung dipraktekkan oleh kawan-kawan," ujar M Ali. 

Dengan adanya kegiatan itu, Ali berharap, akan berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: