Rapat Paripurna DPRD Basel, Ini Prioritas Pembangunan Tahun 2024

Rapat Paripurna DPRD Basel, Ini Prioritas Pembangunan Tahun 2024

Paripurna DPRD Basel.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar rapat paripurna terkait penyampaian terhadap dua rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Erwin Asmadi dan diikuti Wakil Ketua DPRD, Muzani Abdullah, Wakil Ketua DPRD, Samson Asrimono, Anggota DPRD Basel, Kepala OPD Basel dan para tamu undangan.

Wakil Bupati Debby Vita Dewi yang mewakili Pemkab Basel mengatakan, terdapat satu point penting yakni tentang anggaran daerah yang berbeda antara tahun kemarin dengan sekarang yang mengalami penurunan.

Namun, kendati mengalami penurunan pelayanan terhadap masyarakat tetap diutamakan, terutama yang menjadi prioritas.

"Jadi pelayanan pada tahun 2024 ini akan diprioritaskan yang wajib - wajib dahulu dan fokus pada PAD," ujarnya.

BACA JUGA:DPRD Basel Tetapkan Hari Jadi Kota Toboali Tanggal 25 Oktober

BACA JUGA:DPRD Berharap Persediaan Cadangan Pangan Basel Ditambah

Dietahui, pada tahun perencanaan dan pengnggaran 2024, kondisi transfer pusat ke daerah mengalami penurunan yang cukup signifikan terutama dari alokasi dana anggaran khusus (DAK). Hal ini juga bersamaan dengan kebijakan pemerintah pusat yang mengatur peruntukan dana alokasi umum yang ditentukan penggunaannya.

Peruntukan dana ini sesuai kebutuhan percepatan permasalahan prioritas nasional seperti penurunan stunting, penghapusan kemiskinan ekstrem, penyediaan infrastruktur yang memiliki daya ungkit terhadap perekonomian daerah, penanganan sektor pendidikan dan sektor kesehatan.

"Dengan adanya penggunaan yang telah diatur oleh pusat maka, kita terpaksa prioritaskan untuk memenuhi belanja wajib dahulu seperti gaji pegawai dan belanja mengikat untuk menjamin optimalisasi pelayanan publik," jelasnya.

BACA JUGA:Ketua DPRD Basel: Kenapa Mobil Damkar Tak Ada di Payung

BACA JUGA:Wabup Debby Sampaikan KUA PPAS ke DPRD, Ini Target dan Proyeksi Ekonomi Basel 2024

Dijelaskan Debby, bahwa proyeksi pendapatan tahun 2024 adalah sebesar Rp 927.778.187.884, sedangkan untuk belanja diproyeksikan sebesar Rp 1.013.335.903.957. 

Adapun prioritas pembangunan Kabupaten Basel tahun 2024 dijabarkan sebagai berikut, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan indeks pendidikan, peningkatan indeks kesehatan, dan peningkatan kualitas infrastruktur kewilayahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: