Kanwil Kemenkumham Babel Ikuti Webinar "APIP Kawal SPBE Wujudkan Pelayanan Publik Berkualitas"

Kanwil Kemenkumham Babel Ikuti Webinar

--

PANGKALPINANG - Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung ikuti webinar "APIP Kawal SPBE Wujudkan Pelayanan Publik Berkualitas" secara virtual dari Ruang Rapat Kantor Wilayah, Selasa (7/11).

Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Ir. Razilu menyampaikan bahwa webinar ini merupakan rangakaian kegiatan puncak peringatan hari jadi Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI.

Webinar dengan tema "APIP Kawal SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), Wujudkan Pelayanan Berkualitas" diambil dengan maksud untuk meningkatkan nilai SPBE Kemenkumham yang saat ini menempati posisi ketiga antar Kementerian/Lembaga .

"Target 2023, nilai indeks SPBE Kemenkumham yaitu 4.20 (memuaskan)," kata Razilu.

Disampaikan Razilu, keputusan Inspektur Jenderal Kemenkumham tentang standar dan tata cara audit TIK atas SPBE ada 3 aspek, yaitu Audit Infrastruktur SPBE, Audit Aplikasi SPBE, dan Audit Keamanan SPBE.

"Semoga melalui webinar ini ada peningkatan pengetahuan kapasitas bagi kita semua dalam hal SPBE," ujar Razilu.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu, Inspektur Wilayah III (Iwan Santoso), yang menyampaikan materi "Strategi Peningkatan SPBE Kemenkumham : Melalui peran APIP dalam Pengawasan SPBE". Lalu Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Rifqi Adrian Kriswanto), menyampaikan "Peran Tim Assesor dan Rencana Pembangunan SPBE Kemenkumham". Serta Auditor Madya PIP Polkumham BPKP (Dyah Sulistyowati), menyampaikan paparan "Peran APIP mendukung implementasi SPBE".

Kemudian Sandiman Ahli Muda BSSN (RM Ival Tirta Kusumah), yang menyampaikan paparan "Peran APIP dalam melaksanakan Audit Keamanan SPBE untuk mengawal SPBE dalam rangka wujudkan pelayanan publik yang berkualitas". Serta Auditor Teknologi Utama BRIN (Andrari Grahitandaru), menjelaskan "Peran APIP dalam melaksanakan Audit Keamanan SPBE untuk mengawal SPBE dalam rangka wujudkan pelayanan publik yang berkualitas".

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto menyampaikan, pada tahun 2022, dari 33 Kantor Wilayah, Kanwil Kemenkumham Babel berhasil meraih peringkat pertama dalam Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Nilai SPBE Kanwil Kemenkumham Babel adalah 3.50 dengan predikat ‘Sangat Baik’, diharapkan pada capaian selanjutnya dapat meningkat," kata Harun.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Divisi Administrasi (Muslim Alibar), Kepala Divisi Keimigrasian (Doni Alfisyahrin), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kunrat Kasmiri), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Fajar Sulaeman Taman), serta para Pejabat Struktural Kanwil Kemenkumham Babel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: