Mengenal Sosok Khoiril Imam, Qori Pencetak Sejarah Babel di Arena STQH Nasional

Mengenal Sosok Khoiril Imam, Qori Pencetak Sejarah Babel di Arena STQH Nasional

Khoiril Imam dengan piala dan hadiah juara pertama yang diraihnya di arena STQH Nasional 2023 di Jambi.--Ist

BABELPOS.ID - Untuk pertama kalinya Kafilah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meraih juara pertama di ajang Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH).

Adalah Khoiril Imam, anak Desa Celuak Kecamatan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah yang menorehkan catatan sejarah bagi Negeri Sepintu Sedulang di Tingkat Nasional. 

Anak ke 4 dari 5 bersaudara pasangan H.Sailan dan Hj. Sumarni yang lahir di Celuak, 28 Desember 2002 ini baru saja meraih juara I Lomba Hifdzil Qur'an 5 Juz dan Tilawah Putra pada STQH Tingkat Nasional ke-27 di Kota Jambi, Senin (6/11).

BACA JUGA:Khoiril Cetak Sejarah untuk Babel, Juara 1 MTQH Hifdzil 5 Juz dan Tilawah Putra

Belajar Tilawah bersama kembarannya Khoirul Ihsan sejak umur 13 Tahun dari Guru H.Asrona Dewi di Desa Pinang Sebatang, lajang alumni MAN IC Bangka Tengah tahun 2020 ini memberikan kado manis bagi Hari Jadi ke-23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Sejak keikutsertaan Bangka Belitung sebagai Kafilah tersendiri selepas berpisah dari Sumatera Selatan pada tahun 2001, pencapaian Khoiril Imam adalah sesuatu yang luar biasa, karena untuk pertama kalinya Kafilah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperoleh Juara I. Torehan ini menjadi puncak keberhasilan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menghasilkan perbaikan prestasi sejak tahun 2020 di MTQ Nasional Sumatera Barat.

Ditemui saat perjalanan kepulangan Kafilah Babel menuju Bangka, Khoiril mengucap syukur bisa meraih prestasi tersebut.

"Alhamdulillah sangat bersyukur bisa berada di posisi ini, tentunya hasil ini tidak diraih dengan ikhtiar dzhohiriyah saja, melainkan ikhtiar langit juga dilakukan melalui doa-doa dari kedua orang tua, para guru, dan kawan-kawan semuanya. Sekali lagi ingin saya ucapkan terimakasih kepada semuanya yg telah mendo’akan," ucapnya.

BACA JUGA:STQH Nasional XXVII, Kafilah Babel Optimis Masuk 10 Besar

Dari keberhasilan ini, Khoiril Imam punya target untuk terus menorehkan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional di tahun-tahun berikutnya. Tentu dengan perlombaan cabang dan golongan yang berbeda.

"Insyaallah akan terus belajar baik formal dan non formalnya sehingga saat balik ke kampung halaman, dapat berbagi ilmu dan pengalaman kepada mutiara-mutiara Bangka Belitung," ujarnya.

Sambil merealisasikan keinginannya tersebut, lajang tampan nan sholeh ini tetap tidak melupakan pendidikannya di Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur'an (PTIQ) Ciputat Tangerang. Saat ini Khoiril Imam tercatat sebagai Mahasiswa Semester 7 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

BACA JUGA:Babel Kirim 18 Kafilah di STQH Jambi

Berbagai prestasi yang pernah diraih Khoiril Imam antara lain Juara II PTQ RRI Jakarta Tahun 2022, Juara I PTQ RRI Sungailiat Tahun 2023, Juara III PTQ Nasional RRI Tahun 2023 di Kendari, Juara II Cabang Hifdzil 5 Juz dan Tilawah pada MTQ Nasional di Kalimantan Selatan Tahun 2022 dan terakhir mewakili Indonesia pada MTQ Internasional 2023 di Maroko, Afrika dan mendapat peringat 7 Dunia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: