5 Media Promosi Digital Mengagumkan 2023, Menunjang Bisnis

5 Media Promosi Digital Mengagumkan 2023, Menunjang Bisnis

--

MARKETING atau aktivitas promosi menjadi sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan dalam bisnis. Pasalnya, marketing yang baik dapat menunjang penjualan secara besar-besaran. Salah satunya dengan pemilihan media promosi yang tepat.

Sekarang ini, media untuk mempromosikan sesuatu sangat banyak. Baik media promosi digital maupun offline. Semuanya kembali kepada pemegang bisnis ingin memanfaatkan media seperti apa untuk menunjang penjualannya.

Namun, karena kita sekarang berada di era milenial yang semuanya serba canggih dan cepat. Maka, menggunakan layanan marketing online merupakan pilihan paling tepat. Apalagi jika Anda memfokuskan pemasaran kepada anak muda.

Daftar Media Promosi Digital

Tahukah Anda media apa saja dalam promosi yang bisa dimanfaatkan dengan baik di era sekarang? Cari tahu jawabannya sendiri pada pembahasan berikut ini:

1. Content Marketing

Contoh media promosi yang paling bisa Anda andalkan dalam bidang penjualan digital adalah content marketing. Pasalnya, media satu ini akan membantu Anda mendapatkan konten relevan sesuai dengan target pasar.

Pemakaian content marketing pun bisa Anda fokuskan pada konten seperti artikel, kuis, komik, infografis, hingga video. Nantinya, dalam konten akan ada CTA (Call to Action) yang menuju ke halaman perusahaan ataupun marketplace.

Meskipun terlihat sangat mudah, tetapi content marketing pun memakan banyak tenaga, waktu, kreativitas dan juga pengalaman.

Namun, jika Anda berada pada perusahaan skala besar, hal ini akan menguntungkan karena strategi konten marketing ini banyak terlibat secara langsung dengan target pasar.

Sehingga, dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan klien. Contohnya seperti kepercayaan bahwa perusahaan Anda merupakan layanan jasa pembuatan video iklan terbaik dan berkualitas.

2. Email Marketing

Selanjutnya, Anda pasti sudah mengenal apa itu email. Sebuah surat elektronik untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan paling sering digunakan untuk tujuan kepentingan tertentu.

Nah, kali ini dalam media pemasaran terdapat email marketing. Di mana, email marketing ini merupakan media pemasaran yang sangat efektif dalam dunia marketing di era digital sekarang ini.

Melalui email ini, perusahaan atau pelaku bisnis bisa memberikan informasi mengenai produk terbaru, program diskon, promo, hingga pembaharuan operasional pembelian.

3. SEO

Perkembangan digital memang sangat luas dan merambah ke berbagai sektor. Pemasaran tidak hanya menggunakan alat umum seperti biasanya, tetapi juga menggabungkan teknologi masa kini seperti penerapan SEO.

Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah halaman bisnis yang akan membantu Anda menaikkan ranking artikel pada sebuah situs. Peran dari SEO sendiri untuk optimalisasi situs dan artikel agar terlihat lebih organik.

Bagi pebisnis atau pemilik usaha, biasanya memanfaatkan blog perusahaan dengan membuat artikel yang di dalamnya terdapat sisipan kata kunci SEO. Sehingga akun bisnisnya lebih mudah trending dan ditemukan oleh banyak pihak.

4. Media Sosial

Memanfaatkan media promosi offline sekarang ini sudah sangat minim. Mengingat hampir 60% ke atas aktivitas setiap orang berada di jejaring sosial, utamanya generasi muda.

Oleh karena itu, jika Anda fokus pada pemasaran yang menargetkan generasi muda. Maka, penting sekali menggunakan media online ini sebagai salah satu teknik pemasaran yang tepat.

Apalagi sekarang sudah banyak media sosial yang digunakan oleh Masyarakat Indonesia. Tidak hanya berupa Instagram, Facebook, ataupun media sosial yang lain, tetapi Anda juga bisa memanfaatkan fitur Live Instagram dan Stories.

Meskipun terlihat gampang, Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Sebab, pemilihan waktu, menyaring target pasar, dan membuat konten berkualitas harus selaras dalam sekali postingan.

5. Media Audio dan Visual

Bidang untuk pemasaran online semakin meluas. Bahkan, sekarang ini banyak sekali perusahaan yang memberikan investasi dananya kepada film, series, podcast, hingga video digital.

Dengan proses pengiklanan tersebut, pastinya perusahaan membutuhkan jasa videographer agar kualitas dari pemasarannya lebih maksimal.

Sebab, kreativitas dan keunikan pemasaran dengan media audio visual ini akan memikat banyak pihak.

Beberapa contoh produk yang pernah muncul iklan dengan memanfaatkan media audio dan visual seperti produk dari Indofood di Guru Guru Gokil dan sosis Kanzler dalam video memasak Devina Hermansyah.

Itulah beberapa pembahasan mengenai media promosi digital yang tepat dan trend di tahun 2023. Anda bisa mulai dari jenis media paling sederhana dan dapat Anda ikuti dengan baik. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: