Program Mamah Papah DLH Basel Masuk 10 Besar Tingkat Provinsi Babel

Program Mamah Papah DLH Basel Masuk 10 Besar Tingkat Provinsi Babel

Agung Prasetyo --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Program Inovasi unggulan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mari menabung pakai sampah (Mamah Papah) menjadi satu-satunya program yang masuk dalam 10 besar ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).

Bisa dikatakan bahwa inovasi ini merupakan program unggulan di Basel yang minim biaya, karena masyarakat bisa menabung bukan dengan uang tetapi pakai sampah botol plastik minuman. Sehingga sampah mempunyai nilai ekonomis.

Plt Kepala DLH Basel Agung Prasetyo menyampaikan, bahwa program unggulan ini mulai diminati oleh desa - desa di Kabupaten Basel.

"Memang inovasi yang mulai banyak diminati, dan juga inovasi ini masuk dalam 10 besar KIPP Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," tuturnya, Rabu (25/10).

BACA JUGA:Bakti Sosial, Polres Bateng Sapu Bersih Sampah Laut Pantai Kebang Kemilau

BACA JUGA:Gerakan Pungut Sampah Pemkot PGK Disambut Antusias Warga

Disebutkannya, bahwa terdapat 47 proposal se kabupaten/kota di Babel masuk ke ajang tersebut, namun inovasi Mamah Papah Basel bisa masuk 10 besar.

"Sangat bersyukur sekali bisa masuk 10 besar, dan memang inovasi program Mamah Papah ini mulai banyak diminati desa - desa di Basel," ungkapnya.

Program ini sebenarnya suatu inovasi yang digunakan untuk mengurangi permasalahan sampah yang ada di Basel, pasalnya dalam sehari sampah di Toboali bisa sampai 2 - 3 ton.

Dengan inovasi ini masyarakat bisa memilah sampah organik atau non organik dengan harapan ketika sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) adalah sampah yang tidak bisa di daur ulang, baik daur ulang energi atau daur ulang materi.

"Kita berharap dengan inovasi ini sampah yang masuk ke TPA bukan lagi sampah yang bisa didaur ulang, baik daur ulang energi atau daur ulang materi maupun dengan residu atau dengan  pemadatan," jelasnya. 

BACA JUGA:Maya Suganda Belajar Bank Sampah ke Basel

BACA JUGA:Basel Dapat Bantuan Mobil Pengangkut Sampah

Lebih lanjut, adanya inovasi Mamah Papah ini masyarakat bisa merubah sampah menjadi cuan, asal masyarakat rajin, pihak DLH Basel menerima sampah yang sudah dipilah, seperti botol plastik bekas minuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: