Bakti Sosial, Polres Bateng Sapu Bersih Sampah Laut Pantai Kebang Kemilau

Bakti Sosial, Polres Bateng Sapu Bersih Sampah Laut Pantai Kebang Kemilau

Polres Bangka Tengah Aksi Bersih-Bersih Pantai Kebang Kemilau--

BABELPOS.ID, KOBA - Dalam rangka Sapu Bersih Sampah Laut, Polres Bangka Tengah melalui Satuan Polisi Air dan Udara menggelar bakti sosial dengan mengandeng stakeholder terkait dari Dinas Lingkungan Hidup, mahasiswa, serta komunitas pecinta lingkungan untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih di Pantai Kebang Kemilau pada Jumat, (20/10/2023).

BACA JUGA:Lapas Pangkalpinang Jadi Tuan Rumah Penguatan SDP Fitur Integrasi Remisi Online

Kapolres Bangka Tengah, AKBP Dwi Budi Murtiono, S.IK, MH melalui Kasat Pol Airud Iptu Wardiansyah, SH mengungkapkan bahwa kegiatan bakti sosial dengan tema sapu bersih sampai laut ini merupakan tindak lanjut dari Rakernis Baharkam Polri dan salah satunya yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir.

"Kita hari ini melaksanakan kegiatan sapu bersih sampah laut, dimana kegiatan ini juga mengandeng kawan-kawan dinas lingkungan hidup, mahasiswa serta komunitas pecinta lingkungan," ujar Iptu Wardi.

BACA JUGA:Ini Nomor Pengaduan Pemkab Bangka, Bisa Laporkan Apa Saja, Identitas Pelapor Dirahasiakan

Kata Dia, sasaran pihaknya, yakni Pantai Kebang Kemilau Koba dengan kegiatan berupa bersih-bersih sampah serta memilah dari sampah yang tidak berdaya guna sampai dengan sampah yang memang masih bisa dimanfaatkan kembali.

"Sampah yang diumpulkan tadi, kita pilah dan pisahkan antara sampah yang tidak bisa didaur ulang sampai dengan sampah daur ulang dengan harapan nantinya sampah yang bisa didaur ulang ini bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat dan bisa menjadi nilai tambah bagi ekonomi masyarakat," jelasnya.

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Gelar FGD Analisa dan Evaluasi Perda Ketenagakerjaan Bangka Selatan

Ia menuturkan, aksi sapu bersih sampah laut ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya dalam menjaga lingkungan pantai dari bahaya abrasi laut serta meningkatkan potensi wisata sampai dengan peningkatan ekonomi para pelaku UMKM yang ada di sekitar pantai.

"Harapan kita tentu kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran kita bersama, betapa pentingnya menjaga lingkungan pantai dan dari kegiatan ini juga kita bisa melihat bahwa dari sampah yang berhasil kita kumpulkan tadi ternyata masih ada yang bernilai jual dan ini tentu bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat nantinya," pungkasnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: