Haflah Khotmil Qur`an dan Apresiasi Majelis Ilmu Bagi 6 Agama, Sebagai Wujud Warna Indonesia

Haflah Khotmil Qur`an dan Apresiasi Majelis Ilmu Bagi 6 Agama, Sebagai Wujud Warna Indonesia

Walikota Pangkalpinang bersama Kepala Kemenag Babel dan peserta.--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Pelaksanaan Haflah Khotmil Qur`an dan Apresiasi Majelis Ilmu Bagi Setiap Agama Dalam Peningkatan Kualitas Beragama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Gedung Serbaguna Asrama Haji Antara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (18/10/2023) berlangsung khidmat dan lancar.

Peserta kegiatan berjumlah sebanyak 1489 orang. Yakni masing-masing berasal dari 6 agama. Yakni agama Islam 1433 orang, Protestan 10 orang, Katholik 10 orang, Budha 19 orang, Hindu 10 orang dan Konghucu 5 orang. Upaya ini juga bertujuan dalam peningkatan kualitas beragama khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Peserta wisuda tertua dalam acara ini berusia 89 tahun.

Pj.Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu dalam kesempatan membuka acara sekaligus memberikan kata sambutannya, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan haflah khotmil qur`an dan majelis ilmu bagi setiap agama di Babel tahun 2023 di Babel yang terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kota Pangkalpinang dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung.

BACA JUGA:Implementasi Moderasi Beragama, Kemenag dan Pemkot Pangkalpinang Beri Apresiasi Kepada 2000 Lansia 6 Agama

BACA JUGA:Launching Aplikasi Srikandi, Cara Kemenag Babel Tingkatkan Layanan dan Tertib Administrasi

Suganda juga mengajak kepada semua pemeluk 6 agama untuk saling menjaga kerukunan dan ketentraman di Provinsi Bangka Belitung. Mencegah dari hal-hal yang dapat menimbulkan percepcahan, permusuhan , konflik antara pemeluk agama. 

“Upaya ini salah satunya harus terus ditumbuhkan dengan meningkatkan nilai-nilai toleransi bergama terlebih menjelang pesta demokrasi tahun 2024 mendatang,” ajak Suganda.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil dalam sambutannya menilai, bahwa momentum ini juga merupakan salah satu wujud kebanggaan bagi seluruh warga Bangka Belitung khususnya masyarakat di Kota Pangkalpinang

“Marwah dan ghirohnya semakin tumbuh melalui kegiatan ini. Karena kalau biasanya anak-anaknya saja yang diwisuda, tetapi sekarang para orang tuanya hingga lansia juga ikut di wisuda,” ujar Molen.

BACA JUGA:Begini Cara Kanwil Kemenag Babel Peringati Maulid Nabi

BACA JUGA:Kemenag Babel Gelar Pembinaan Audit dan Akreditasi Syariah, Demi LAZ Tumbuh Positif, Transparan & Akuntabel

Wali Kota Pangkalpinang ini juga mengucapkan terimakasih kepada kelompok kerja terpadu di bawah binaan Bagian Kesra Kota Pangkalpinang, Kanwil Kemenag Babel, Kemenag Kota Pangkalpinng dan juga para muadif atau guru-guru pembina dari 6 agama di Babel tahun 2023 yang telah bekerja keras mensukseskan acara ini. 

“Hari ini kita telah bersama-sama mensukseskan acara yang sangat special ini, sebab tidak semua daerah dapat melaksanakannya,” sebut Molen yang akan mengakhir masa tugasnya sebagai Walikota Pangkalpinang pada pertengahan November 2023 mendatang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, H.Tumiran Ganefo mengaku bersyukur karena telah dapat melaksanakan acara ini yang sekaligus menjadi salah satu implementasi kinerja terakhirnya kepada masyarakat 6 agama di Provinsi Babel sebelum purna tugas sebagai ASN pada Januari 2024 mendatang sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh umat 6 agama di Bangka Belitung tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: