Mentok Diselimuti Asap, PMI dan BPBD Babar Bagikan Masker ke Sekolah

Mentok Diselimuti Asap, PMI dan BPBD Babar Bagikan Masker ke Sekolah

--

MENTOK – Sudah satu minggu ini, wilayah Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diselimuti kabut asap.

Parahnya, kabut asap mulai terjadi sejak pukul 06.00 sampai pukul 11.00 Wib. Kabut asap ditandai dengan udara yang berbau tidak sedap, sehingga sangat mengganggu sebagian warga di Kecamatan Muntok untuk beraktivitas di pagi hari.

Kabut asap tersebut diperkirakan dari wilayah Sumatera. Kabut asap parah terjadi pada Selasa 3 Oktober 2023, ditandai beberapa wilayah di Kecamatan Mentok tertutup kabut asap, pada pukul 06.00 Wib sampai 11.00 Wib dan di Rabu 4 Oktober 2023.

Atas kondisi tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Bangka Barat berkoordinasi sekaligus kerja sama untuk membagikan masker ke beberapa sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Mentok.

Sekolah yang mendapatkan pembagian masker tersebut adalah SDN 05 Muntok, SDN 21 Muntok, dan SMPN 01 Muntok.

Sekretaris PMI Bangka Barat yang juga Kepala Harian BPBD Bangka Barat, Sandi menjelaskan, dalam proses pembagian masker, PMI Bangka Barat mengerahkan semua staf, relawan, PMR dan sejumlah pengurus. Sedangkan dari pihak BPBD Bangka Barat menurunkan beberapa anggota TRC-nya.

Masker yang berhasil dibagikan sebanyak 1.500 buat masker, stok PMI Bangka Barat. “Ke depannya PMI Bangka Barat akan berusaha kembali membagikan masker kepada anak-anak sekolah dan para warga Kecamatan Muntok,” ujarnya saat breafing.

Untuk memenuhi ketersediaan masker, PMI Bangka Barat sudah berkordinasi dengan PMI Provinsi Bangka Belitung, pihak BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Barat juga BPBD Bangka Barat.

Dikatakan Sandi, akhir-akhir ini di wilayah Kecamatan Muntok sering dilanda bencana kebakaran hutan dan lahan, ditambah lagi dengan kabut asap beberapa hari ini.

“Kedepan BPBD Bangka Barat dan PMI Bangka Barat akan terus berusaha untuk mengurangi risiko bencana kebakaran hutan dan lahan, kekeringan dan kabut asap di wilayah Bangka Barat,” kata Sandi.

Selain pembagian masker ke anak-anak sekolah, sosialisasi penggunaan masker, masalah bencana kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap juga disampaikan ke anak-anak sekolah.

Pantauan media ini, guru beserta murid-murid di sekolah disambangi senang, dan mengucapkan terima kasih karena mereka sudah mendapatkan pembagian masker. Untuk beberapa hari ke depan PMI Bangka Barat, akan membagikan kembali masker ke sekolah-sekolah yang belum mendapatkan pembagian masker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: