Awas! Karhutla di Babel Makin Hebat. 55 Ha di Bateng Ludes, 20 Ha di Basel Hangus

Awas! Karhutla di Babel Makin Hebat. 55 Ha di Bateng Ludes, 20 Ha di Basel Hangus

Kabut Asap Jalan Bypas Koba.--

BABELPOS.ID.- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus menghebat.  Bahkan hingga tadi malam, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi, Kota, Kabupaten, serta TNI/Polri bahu membahu mengatasi amuk si jago merah.

Tercatat hingga tadi malam, 55 hektar Hutan Lindung Baypas Koba, Bangka Tengah (Bateng) ludes, sementara 20 hektar lahan di sekitaran DPRD Basel hangus termasuk 1 rumah dinas yang memang tidak ditempati.

BACA JUGA:Sepanjang 2023, Tercatat 66 Kasus Karhutla di Bangka Tengah

Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa yang tadi malam masih di lokasi Jalan Baypas menyatakan, pihaknya sudah menurunkan Tim Gabungan (Timgab).

''Kita sudah meminta bantuan peralatan dan personil TNI/Polri juga.  Kalau menggunakan fasilitas water canon harapan kita biar lebih cepat teratasi,'' ujar Mikron yang saat dihubungi Babel Pos masih di lokasi, kemarin sore.

Sementara itu, di lokasi kejadian terlihat turun langsung Bupati Bateng, Algafri Rahman.  Dikatakan, hal yang diwaspadai karena yang terbakar adalah lahan gambut.  Meski kadanh terlihat sudah padam, terbakar, namun beberapa waktu kemudian justru dapat muncul kembali.

BACA JUGA:Dampak El Nino, di Bateng Sehari Bisa 4 Karhutla, 2 Hingga 3 Hektar Lahan Terbakar

Karhutla yang tepatnya di Jalan Bypas, Padang Mulia, Kecamatan Koba itu memang sudah berlangsung 2 hari.

Akibat kebakaran tersebut, muncul kabut tebal dan asap yang mengganggu pengendara dan warga sekitar, bahkan membuat batuk dan mata perih. 

Sementara di tempat berbeda, Plt Kepala Satpol PP dan Damkar Basel Gatot Wibowo melalui Kabid Damkar, Ardiansyah menyebutkan kebakaran lahan di sekitaran DPRD Basel mencapai 20 Ha.

"Luas yang terbakar sekitar 20 hektar, dan pertama kali dilaporkan sekitar pukul 12.12 wib, dengan mengerahkan 3 unit mobil damkar," tuturnya, Rabu (04/10).(sak/ynd/im)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: