Dekranasda Basel Ambil Bagian Dalam Pameran Kriyanusa di Senayan

Dekranasda Basel Ambil Bagian Dalam Pameran Kriyanusa di Senayan

Elizia Riza Herdavid di Booth Basel di Arena Kriyanusa 2023 Senayan Jakarta.--Ist

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) turut berpartisipasi dalam pameran Kriyanusa di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pameran ini merupakan bagian dari agenda tahunan Dewan Kerajinan Nasional yang diwujudkan melalui pameran karya-karya tangan para pengrajin lokal. Dengan mengusung tema rumah adat dan batik daerah yang unik pada dekorasi standnya, tampak beberapa kerajinan lokal yang dipromosikan di pajang dengan menarik.

BACA JUGA:Traffic Light Simpang YPK Toboali Sudah Diaktifkan, Masyarakat Diimbau Tertib

Ketua Dekranasda Basel Elizia Riza Herdavid menyampaikan, Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara yang dibuka secara resmi oleh Ibu Iriana Joko Widodo, merupakan wadah bagi para pengrajin daerah untuk memamerkan dan menjual produk-produk kerajinan tangan mereka.

"Produk-produk ini tidak hanya memiliki nilai estetika yang tinggi tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya daerah, pengunjung pameran akan memiliki kesempatan untuk melihat dan membeli berbagai macam kriya, seperti anyaman, ukiran kayu, dan perhiasan tradisional yang dibuat dengan teliti oleh para pengrajin yang berbakat se-Indonesia," ungkapnya, Kamis (14/09).

BACA JUGA:PGID Basel Resmi Dilantik, Wabup Debby Ajak Kolaborasi Membangun Daerah

Dikatakan Elizia, salah satu daya tarik utama dari pameran ini adalah keunikan produk-produk yang dipamerkan..Kriyanusa memadukan unsur tradisional dengan desain modern, menciptakan karya seni yang indah dan berharga.

Pameran Kriyanusa ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi para pengrajin untuk memamerkan bakat mereka tetapi juga untuk mempromosikan keindahan dan keragaman budaya, ini juga merupakan platform yang penting untuk mendukung ekonomi lokal dengan memberikan peluang kepada para pengrajin untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui penjualan produk-produk kriya mereka.

BACA JUGA:Responsif Melayani, Bupati Riza Herdavid Kembali Raih Penghargaan

"Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan para pengrajin, memahami proses pembuatan, dan bahkan belajar untuk membuat beberapa kriya sederhana," jelasnya.

Melalui pameran Kriyanusa ini diharapkan akan menarik perhatian pengunjung dari berbagai latar belakang, baik pecinta seni, penggemar kerajinan tangan, maupun wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat budaya Bangka Selatan, dengan demikian, pameran Kriyanusa di JCC Senayan menjadi ajang yang penting untuk mempromosikan kekayaan budaya dan seni dari Bangka Selatan kepada dunia.

"Dengan menghadirkan kriya-kriya unik dari daerah salah satunya untuk memperkuat identitas Bangka Selatan dalam kancah nasional maupun internasional dan selain itu ini adalah bukti nyata komitmen Dekranasda Bangka Selatan dalam melestarikan warisan budaya dan mendukung pengrajin lokal," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:43 Pelaku IKM Toboali Dapat Bantuan Freezer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: