Penting Pahami 4 Pilar Kebangsaan, Ust Zuhri Sambangi Siswa SMAN 1 Kelapa

Penting Pahami 4 Pilar Kebangsaan, Ust Zuhri Sambangi Siswa SMAN 1 Kelapa

Ustadz Zuhri menyosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan kepada siswa SMA 1 Kelapa.--Julian

BABELPOS.ID, KELAPA - Masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda diharapkan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang 4 Pilar Kebangsaan. Hal itu pun diingatkan kembali oleh anggota MPR/DPD RI dapil Bangka Belitung (Babel) Ust H Zuhri M. Syazali, Lc., MA. dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan pada Selasa (25/8) lalu di SMAN 1 Kelapa, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat.

Dalam sosialisasi tersebut, hadir kepala sekolah SMAN 1 Kelapa Sukiman, S.Pd, para guru serta segenap siswa dan siswi SMAN 1 Kelapa. Menurut Ust Zuhri, pemahaman tentang 4 Pilar Kebangsaan dinilai penting ditanamkan pada generasi bangsa Indonesia. Diharapkan melalui sosialisasi ini, dapat memberikan cara pandang dan insight baru bagi mereka tentang kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik.

“Empat Pilar Kebangsaan ini Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Oleh karena itu, sosialisasi mengenai hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya," jelas Ust Zuhri.

BACA JUGA:Rudianto Tjen Ajak Warga Babel Terus Implementasi Nilai 4 Pilar Kebangsaan

Diulas Ust Zuhri, setiap pilar memiliki tujuan, fungsi, dan konteks yang berbeda. Dalam hal ini, posisi Pancasila tetap ditempatkan sebagai nilai fundamental berbangsa dan bernegara. Pengalaman nilai-nilai empat pilar diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai dan berkehendak untuk membangun negeri.

“Berbagai persoalan yang terjadi di Indonesia sekarang tak dapat kita pungkiri disebabkan abai dan lalai dalam pengimplementasian empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tidak perlu saling menyalahkan, namun mari kita berkaca kepada diri kita masing-masing," ungkapnya lewat siaran pers yang diterima Babel Pos, Selasa (12/9).

BACA JUGA:Ust Zuhri Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Yayasan Adh-Dhuhaa

Sebelumnya, Kepala SMAN 1 Kelapa Sukiman memberikan apresiasi dan berterima kasih atas penyelenggaraan sosialisasi 4 Pilar di SMAN 1 Kelapa. 

“Pertama-tama, terima kasih dan apresiasi saya ucapkan kepada Ust. Zuhri, sebagai wakil daerah kita di Pusat, yang telah memilih SMAN 1 Kelapa sebagai peserta kegiatan sosialisasi 4 Pilar ini. Harapannya, seluruh siswa-siswi yang ikut dapat Kembali merefresh dan menguatkan pemhaman tentang konstitusi negara ini, dan bagaimana menjadi seorang pelajar yang sesuai dengan nilai-nilai bangsa dan negara, itu sangatlah penting,” kata sukiman.

Sebelum ditutup, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Para siswa-siswi SMAN 1 Kelapa terlihat sangat antusias dengan mengajukan beberapa pandangan dan pertanyaan dalam forum diskusi. Harapannya, kegiatan ini dapat terus dilakukan di sekolah -sekolah lain juga di Babel.(*)

BACA JUGA:Kunker di BPS Babel, Ustadz Zuhri Ajak Sukseskan Sensus Pertanian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: