Dosen Unmuh Babel Beri Motivasi Anak Putus Sekolah di Lubuk Besar Lanjutkan Pendidikan

Dosen Unmuh Babel Beri Motivasi Anak Putus Sekolah di Lubuk Besar Lanjutkan Pendidikan

Kegiatan talk show inspiratif memotivasi anak putus sekolah melanjutkan pendidikan oleh Tim Dosen PKM Unmuh Babel di Lubuk Besar.--Ist

BABELPOS.ID - Tim Dosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Fitri Apriani, M.Pd., Sasih Karnita Arafatun, M.Pd. dan Agci Hikmawati, M.Pd, melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertema "Pemberdayaan Anak Putus Sekolah Melalui Penguatan Motivasi dan Pengembangan Pendidikan Non Formal" di Kecamatan Lubuk Besar bekerja sama dengan PKBM Terpadu Lubuk Besar. 

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Talk Show Inspiratif penguatan motivasi dan minat terhadap Pendidikan dengan tema “Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan yang Lebih Baik” di Desa Lubuk Besar, Jum’at (01/09/23).

BACA JUGA:Pesan Rektor Unmuh Babel ke Mahasiswa KKN MAs: Jaga Marwah Muhammadiyah dan Aisyiyah

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi PMD dan Kesos Kecamatan Lubuk Besar, Kepala Desa Lubuk Besar, Ketua PKBM Terpadu Lubuk Besar, Perangkat Desa Lubuk Besar, Kepala Dusun dan Ketua RT di Desa Lubuk Besar, serta anak-anak putus sekolah di desa lubuk besar.

“Kegiatan Talk Show Inspiratif penguatan motivasi dan minat terhadap Pendidikan ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan kami lakukan yang telah dilakukan di beberapa desa di Kecamatan Lubuk Besar diantaranya Batu Beriga dan Lubuk Pabrik,” ujar Ketua Pengabdian, Fitri Apriani. 

BACA JUGA:UnMuh Bahas Pembangunan Berkelanjutan Babel Dalam Seminar Nasional

Fitri menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang mereka lakukan mengenai analisis faktor penyebab anak putus sekolah di 9 desa Kecamatan Lubuk Besar yang bekerja sama dengan Bappelitbangda Kabupaten Bangka Tengah dengan pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Dirjen Dikti, Riset dan Teknologi tahun anggaran 2023.

Selanjutnya setelah dilakukan kegiatan talk show ini, akan dilakukan kegiatan Pengembangan Pendidikan Non Formal melalui Pelatihan mengenai pendidikan keaksaraan fungsional berupa pengenalan Calistung, keterampilan membaca, literasi numerasi, dan Kosakata Bahasa Inggris.

BACA JUGA:UniMAP dan UnMuh Teken MoU, Mudahkan Masyarakat Babel Kuliah S2 & S3

Kasi PMD dan Kesos Kecamatan Lubuk Besar, Azizan sangat mengapresiasi kegiatan ini. 

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena memang di lubuk besar faktor terbesar penyebab anak putus sekolah bukan masalah ekonomi, tapi masalah minat anak terhadap pendidikan yang sangat rendah," Ujar Azizan.

BACA JUGA:Unmuh Babel Kumpulkan Mahasiswa dari 7 Negara Dalam Event Internasional Summer Course 2023

Kepala Desa Lubu Besar, Superi Jahuda juga mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat kami apresiasi dengan baik, harapannya semoga anak-anak putus sekolah di Desa kami dapat difasilitasi pendidikannya sehingga dapat menyelesaikan wajib belajar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: